Diplomat RI Ikut Promosikan Docking Kapal PT IMS

0
136 views
Rombongan diplomat Kemenlu RI saat berkunjung ke lokasi docking kapal milik PT Indonesia Marina Shipyard (IMS). (Foto: Kurniawan)

BeritaGresik.com – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengunjungi docking kapal milik PT Indonesia Marina Shipyard (IMS) untuk melihat langsung proses docking atau undocking kapal. Hasil kunjungan ini akan dipromosikan oleh para diplomat dan konsuler ke luar negeri.

PT IMS adalah satu satunya docking kapal yang berada di Desa Sidorukun, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang memiliki peralatan lengkap dan berpengalaman. Perusahaan tersebut murni PMDN milik pengusaha asal pulau Madura.

“IMS adalah perusahaan PMDN, milik pengusaha asal Madura. Karenanya perlu mendapat perhatian dan promosi ke luar negeri agar mampu mendongkrak ekonomi dalam negeri,” kata Nugroho Basuki, Dirut PT IMS dalam release, Jumat (31/3/2017).

PT IMS memiliki luas 18 hektar dengan fasilitas galangan yang sangat lengkap. Perusahaan ini memiliki 5 fasilitas docking kapal terdiri dari 3 floating dock, yakni dick lumba lumba Marina dengan spesifikasi 60mx26m/2.500 TLC CAP, floating dock lumba lumba nusantara dengan spesifikasi 128mx23,2/5000 TLC CAP, floating dock lumba lumba Indonesia dengan spesifikasi 171mx26m/8600 TLC CAP.

Dijelaskan pula bahwa docking kapal PT IMS dilengkapi alat canggih dan tenaga kerja yang seluruhnya diambil dari tenaga kerja dalam negeri. Selain itu, IMS juga memiliki pengalaman docking kapal yang tidak diragukan didunia Internasional.

“Kita sudah banyak menangani kapal kapal besar termasuk milik TNI. Bahkan kapal Dewa Ruci juga kita yang menangani. Dan PT IMS adalah salah satu docking kapal terlengkap di Indonesia,” imbuh Nugroho.

Komisaris PT IMS, Halim membeberkan, pada 2016 lalu perusahaanya telah memperbaiki kapal sebanyak 190 kapal dalam negeri. Sedangkan untuk kapal luar negeri sebanyak 20 kapal. “Mulai dari jenis kapal tongkang, Kapal Roro, Kapal Tug Boat, Kapal Pesiar, Kapal Pertamina, Kapal perang milik TNI dan bahkan Kapal legendaris yakni Kapal Dewa Ruci,” ujarnya.

Menurut dia, PT IMS mampu melakukan perbaikan mendasar atas beberapa kapal hingga sampai beralih fungsi azasinya. “Kami sudah memgantongi ISO 9001 dan SMK 3 tahun 2016 dan sertifikasi CSMS (contraktor safety manajemen system),” pungkasnya. (wan)