Ribuan Umat Muslim Ikuti Pengajian Akbar di Kebomas

0
142 views
Pengajian akbar di Randuagung, Kebomas Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Ribuan umat muslim di Randuagung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, tumpah ruah mengikuti pengajian akbar yang dihadiri oleh KH. Anwar Zahid, asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa malam (1/3/2017).

Pengajian yang dihelat di lapangan Randuagung, Kebomas ini tidak hanya di hadiri oleh warga kalangan tua, tapi juga anak anak. Pengajian akbar ini digelar untuk meningkatkan kerukunan berumah tangga dan bermasyarakat serta berbangsa.

KH. Anwar Zahid dalam ceramahnya juga mengingatkan supaya umat muslim di lapisan bawah tidak terpancing dengan hiruk pikuk prilaku elit.

“Masyarakat kita akhir-akhir ini ibaratnya seperti daun kering, yang mudah dikumpulkan tapi susah untuk dikumpulkan. Dan bila diikat dengan kencang juga akan remuk,” kata Kiai Anwar.

Menurut dia, saat ini warga mudah terprovokasi dan dibakar emosi. Bahkan akhir-akhir ini kecintaan terhadap tanah air sudah mengkhawatirkan. “Untuk itu, dibutuhkan kesadaran untuk meningkatkan kerukunan antar warga,” tambah Anwar.

Dia menjelaskan kenapa di negara-negara Arab banyak dilanda kericuhan perang antar sesama. Hal itu karena mereka tidak memilki rasa cinta pada bangsa dan negaranya. Dasar negara ini dirumuskan oleh para tokoh termasuk para ulama saat itu. “Kalau rakyat rukun, Allah akan menurunkan rahmat dan berkah,” jelasnya.

Antusias warga mendengarkan ceramah agama tidak hanya dari kalangan warga Randuagung, Kebomas. Tapi juga dari daerah Nanyar dan Gresik kota. Bahkan juga di hadiri oleh kompol Nur Hidayat, Wakapolres Gresik. (amn)