Dewan Ungkap Kendala Perbaikan Jalan Nasional di Gresik

0
130 views
Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid mengungkapkan sejumlah kendala perbaikan jalan nasional di Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Jalan nasional ruas Betoyo, Manyar, Kabupaten Gresik, hingga kini belum bisa dilakukan pengaspalan karena masih terkendala sejumlah faktor. Kondisi jalan yang hanya dipasangi pedel kerap dikeluhkan para pengguna jalan.

Ketua DPRD Kabupaten Gresik Abdul Hamid mengungkapkan, pengaspalan jalan nasional di Jalan Raya Manyar belum dapat dilakukan dalam waktu dekat. Faktor cuaca penghujan dikatakan sebagai salah satu kendala perbaikan jalan nasional itu.

“Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPPJN) V belum bisa melaksanaan perbaikan dalam waktu dekat. Alasan pertama cuaca masih hujan, jika pengaspalan dipaksakan maka akan mengelupas terkena air hujan,” kata Hamid, Rabu (1/3/2017).

Kendala kedua, kata politisi Golkar itu, BPJN V saat ini belum menuntaskan lelang perbaikan. Karena itu, Hamid meminta masyarakat lebih bersabar, karena pihaknya tidak bisa berbuat banyak dengan dalih perbaikan jalan nasional tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Hamid juga mengungkapkan penyebab utama kerusakan jalan nasional tersebut. Penggalian pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di sisi selatan jalan disebut sebagai salah satu penyebab jalan cepat rusak.

“Ketika ada pengerukan bahu jalan untuk pipa gas, sedangkan kendaraan yang melintas di sana banyak yang besar, otomatis tanah bergerak dan menyebabkan jeglongan-jeglongan,” ungkapnya.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, terang Hamid, telah menghentikan pekerjaan pemasangan pipa milik PGN. Bupati sendiri tidak tahu-menahu jika ada pekerjaan tersebut.

“Memang ini proyek nasional, meskipun izinnya di Pemerintah Pusat, mestinya kepala daerah juga dikasih tahu. Ketika terjadi masalah seperti kerusakan jalan begini, toh yang kena marah masyarakat ya kepala daerah dan wakil rakyatnya,” ujarnya. (wan)