Waspada, Debit Air Bengawan Solo Mulai Naik Lagi

0
325 views
Pengendara bermotor menerobos genagan air di dekat jembatan Sembayat, Rabu (1/2/2017). (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Masyarakat Gresik, khususnya yang tinggal di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo, patut waspada. Pasalnya, debit air sungai terpanjang di Pulau Jawa itu terpantau mulai naik lagi.

Bahkan, air dari luapan Bengawan Solo mulai menggenangi beberapa ruas jalan di kawasan pantai utara (Pantura). Pantauan di lapangan, Rabu (1/2/2017), air tanpak naik ke jalan di dekat jembatan Sembayat, Kecamatan Bungah.

Sebelumnya, Selasa (31/1/2017), UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, meminta tim penanggulangan bencana di daerah hilir Jatim meningkatkan kewaspadaan menghadapi ancaman banjir luapan Bengawan Solo.

“Kami minta daerah hilir Jatim meningkatkan kewaspadaan, sebab ketinggian air Bengawan Solo di hilir Jatim, naik sejak sehari lalu,” kata Petugas Posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Budi Hendro, Selasa.

Menurut dia, kenaikan air Bengawan Solo di hilir Jatim, mulai Bojonegoro, Tuban dan Lamongan, dipengaruhi hujan deras yang terjadi di Ngawi dan sekitarnya dua hari lalu, selain juga hujan lokal.

“Hujan di wilayah Ngawi cukup deras dengan durasi cukup lama, sehingga dengan cepat menambah debit Bengawan Solo di hilir,” imbuhnya. (amn/ant)