Banyak Sekolah SD di Gresik Kekurangan Murid

0
1,322 views
Ilustrasi siswa sekolah dasar (SD)
Ilustrasi siswa sekolah dasar (SD)

BeritaGresik.com – Banyak sekolah di Kabupaten Gresik yang kekurangan siswa, terutama sekolah tingkat dasar (SD). Jumlah sekolah yang kekurangan siswa itu mencapai 147 sekolahan, yang tersebar di sejumlah wilayah di Gresik.

Data di Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik mencatat, sekolah yang kekurangan murid di wilayah Gresik terdiri atas 36 SD yang siswanya di bawah 50 orang dan 111 SD dengan jumlah siswa di bawah 100 orang.

Padahal, jika mengacu pada PP 74/2008, satu SD minimal memiliki 120 siswa. “Jumlah sekolah yang kekurangan siswa memang cukup banyak. Persoalan ini menjadi perhatian serius,” kata Mahin, Kepala Dispensik Gresik, Rabu (31/8/2016).

Sementara ini, solusi untuk mengatasi kondisi tersebut adalah menggabungkan sekolah-sekolah yang kekurangan siswa tersebut. Tapi, kondisi di lapangan juga tidak semudah yang dibayangkan.

“Jika satu sekolah dengan sekolah lain jaraknya berdekatan, seperti SD Tenggor I dan Tenggor II yang berada dalam satu desa, masih mungkin digabungkan. Tapi bagaimana yang jaraknya jauh, jelas tidak mudah,” ujar Mahin.

Dengan alasan itu, pihaknya mengaku sedang mapping dan melakukan kajian untuk memastikan sekolah yang bisa dimerger dan tidak. “Jangan sampai, gara-gara sekolahnya dimerger malah banyak siswa yang drop out,” tandasnya.

Mapping dan kajian itu dideadline harus tuntas akhir tahun ini. Kemudian, awal tahun depan mulai dikeluarkan kebijakan, mana sekolah yang digabung dan mana yang tidak.

“Termasuk masalah guru honorer dan pekerja di sekolah yang bersangkutan, juga perlu kajian mendalam,” jelasnya.

Dampak penggabungan sekolah jelas akan terjadi pengurangan tenaga harian lepas (THL) atau guru sukarelawan (sukwan) di sekolah yang demerger.

Namun demikian, jika tidak melakukan penggabungan sekolah, guru PNS di sekolah yang kekurangan murid itu tidak akan memperoleh tunjangan profesi sebagaimana ketentuan dalam PP nomor 74/2008. (wan)