1.306 Lembaga di Jatim Bakal Gelar UN Online

0
351 views
Ilustrasi UNBK
Ilustrasi UNBK

BeritaGresik.com – Berbagai tahapan sudah dilakukan jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/MA/SMK 2016. Salah satunya tahap siskronisasi server UNBK.

Tahapan pelaksanaan UNBK diawali dengan mengaktifkan server di sekolah. Setelah itu, siswa masuk ruang ujian untuk login, memasukkan nama peserta serta username pasword ID server sesuai yang tercantum pada kartu peserta.

Kemudian, proctor lantas merilis token semacam kode untuk membuka soal di ruang ujian. Setelah itu, siswa peserta UNBK dapat membuka materi soal yang ada.

Pelaksanaan UNBK dibagi tiga sesi. Sesi I pada pukul 07.30-09.30, sesi II pukul 10.30-13.30 dan Sesi III pukul 14.00-16.00. UNBK berlangsung pada Senin 4 April, Selasa 5 April, Rabu 6 April, Kamis 7 April, Senin 11 April dan Selasa 12 April.

Kepala Dinas Pendidikan Povinsi Jawa Timur, Saiful Rachman mengatakan, hari ini merupakan hari terakhir sinkronisasi server UNBK di Jatim. Dia berharap tahap sinkronisasi berlangsung lancar.

Dia menyebutkan, UNBK di Jatim bakal diikuti sebanyak 1.306 lembaga tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK. “Jumlah ini terbesar di Indonesia. Padahal, tahun lalu hanya 245 lembaga,” icap Saiful. (wan)