Dana Rp 43,1 Miliar Untuk Sekolah Swasta dan TPQ/TPA Mulai Cair

0
285 views
Kepala Dinas Pendidikan Gresik, Mahin berfoto bareng di sela acara pelepasan kontingen Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Gresik menuju Porseni IGTKI XIII Surabaya yang digelar di Aula Dinas Pendidikan Gresik, Selasa (27/12/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) untuk sekolah swasta dan Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk Taman pendidikan Al Quran (TPQ/TPA), Madrasah Diniyah tahun 2016 senilai total Rp 43,1 miliar sudah bisa dicairkan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas pendidikan Gresik, Mahin kepada Kepala Bagian Humas Suyono disela pelepasan kontingen Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Gresik menuju Porseni IGTKI XIII Surabaya di Aula Dinas Pendidikan Gresik, Selasa (27/12/2016).

Secera terperinci Mahin menyebutkan, dana Bosda total sebesar Rp 23,1 miliar. Itu terbagi untuk Bosda pendidikan dasar swasta yaitu SMP, MTs, SD swasta se Kabupaten Gresik sebesar Rp 6,5 miliar.

Sedangkan untuk pendidikan menengah setingkat SMA, SMK se Kabupaten Gresik jumlahnya mencapai Rp 16,6 miliar.

Untuk Dana BOP, menurut Mahin totalnya sebesar 20 miliar. Dana ini diperuntukkan bagi 1800 lembaga pendidikan yang ada di Gresik.

“Peruntukannya untuk dana insentif guru dan pembina yang masing-masing mendapat Rp 250 ribu per bulan perorang. Selain itu, dana ini juga untuk operasional lembaga yang berjumlah 1800 lembaga yang masing-masing mendapat Rp 2,5 juta per tahun,” paparnya.

Lembaga yang dicukupi oleh dana BOP ini yaitu Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ/TPA) dan Madrasah Diniyah yang ada di wilayah Kabupaten Gresik.

“Dananya sudah siap dan bisa diambil pada rekening lembaga masing-masing pada minggu ini. Kami berharap dengan telah dicairkannya dana Bosda maupun BOP ini dapat meningkatkan pelayanan pendidikan,” ucap Mahin. (wan)