Praktik Pungli Hambat Kemajuan Dunia Pendidikan

0
606 views
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

BeritaGresik.com – Dugaan maraknya praktik pungutan liar (pungli) di lingkungan sekolah di Gresik mendapat sorotan dari kontestan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Gresik yang akan bertarung pada Pilkada Gresik 2015. Pungli disebut menghambat kemajuan dunia pendidikan.

Calon wakil bupati dari nomor urut dua, Ahmad Rubaie menduga praktik pungli di lingkungan sekolah sudah terjadi sejak lama. Dia menilai praktik itu sebagai salah satu factor penghambat kemajuan dunia pendidikan.

Karena itu, Rubaie menekankan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik serius mengatasi masalah tersebut. Sebab, jika terus dibiarkan tindakan yang merugikan orang tua siswa itu akan semakin membudaya.

“Mulai dari kualitas gurunya nanti akan kami upgrade, karena guru merupakan salah satu instrumen dalam proses belajar mengajar yang sangat menentukan,” kata pasanga Berkah itu, Senin (26/10).

Sementara itu, calon bupati Gresik dari nomor urut tiga Nur Hamim meminta kepada Dinas Pendidikan Gresik agar menindak tegas pelaku pungli. Jika terus dibiarkan, praktik pungli di sekolah akan semakin merajalela.

“Apakah gaji tenaga pendidikan kita sampai dengan hari ini masih di bawah upah minimum. Kalau memang masih di bawah, kita akan lakukan model pembiayaan pada APBD,” kata Nur Hamim. [zr]