Mendikbud Moratorium Ujian Nasional 2017

0
227 views
Ilustrasi UN
Ilustrasi UN

BeritaGresik.com –┬áMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berencana melakukan penangguhan atau moratorium ujian nasional (UN) pada 2017.

“Sudah tuntas kajiannya, dan kami rencana (UN) dimoratorium. Sudah diajukan ke Presiden dan menunggu persetujuan Presiden,” kata Muhadjir seperti dikutip Antara, Kamis (24/11/2016).

Dia menjelaskan, alasan pihaknya ingin melakukan moratorium UN karena pada saat ini UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan peserta didik, melainkan berfungsi untuk kepentingan pemetaan.

Selain itu, Kemendikbud berencana untuk mengembalikan evaluasi pembelajaran siswa menjadi hak dan wewenang guru, baik itu secara pribadi maupun kolektif.

“Negara cukup mengawasi dan membuat regulasi supaya standar nasional benar-benar diterapkan di masing-masing sekolah,” ucap Muhadjir.

Rencana moratorium tersebut juga menyesuaikan dengan peralihan kewenangan pengelolaan sekolah menjadi milik pemerintah daerah.

“Jadi nanti untuk evaluasi nasional itu SMA/SMK serahkan ke provinsi masing-masing, untuk SD dan SMP diserahkan ke kabupaten atau kota,” terangnya. (as/ant)