Besok, Soal UN SMP/MTs Dikirim ke Pulau Bawean

0
415 views
Kepala Dispendik Gresik, Mahin (Kiri) menunjukkan segel tempat penyimpanan soal UN SMP/MTs. (Foto: BG/Wan)
Kepala Dispendik Gresik, Mahin (kiri) menunjukkan segel tempat penyimpanan soal UN SMP/MTs. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Sebanyak 30 boks naskah beserta lembar jawaban Ujian Nasional (UN) untuk siswa SMP/MTs se-derajat di Pulau Bawean, sudah tiba di Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik, Senin (25/4) siang.

Paketan itu tiba di Kantor Dispendik Gresik dari percetakan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Paketan itu mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian serta tim panitia UN SMP/MTs sederajat yang dibentuk Dispendik Gresik.

“Untuk hari ini, semua paketan UN bagi siswa SMP/MTs Pulau Bawean ini, akan kami simpan dulu di sini. Dan baru besok (Selasa, 26/4/2016) akan kami kirim ke Bawean, dengan pengawalan dari jajaran Polres Gresik,” ungkap Kepala Dispendik Gresik, Mahin, Senin (25/4/2016).

Ia menjelaskan, paketan UN bagi siswa SMP/MTs untuk Pulau Bawean sengaja dikirim lebih awal, untuk mengantisipasi cuaca buruk yang mungkin bakal terjadi di perairan Pulau Jawa. Meski UN untuk SMP/MTs sederajat baru dilaksanakan serentak pada 9 sampai 12 Mei 2016.

“Di Pulau Bawean, ada dua kecamatan yakni, Sangkapura dan Tambak. Di mana nanti di kedua kecamatan ini, ada sebanyak 1.309 siswa SMP/MTs sederajat yang bakal mengikuti Unas,” jelasnya.

Dispendik Gresik mencatat, peserta Unas tingkat SMP/MTs sederajat tahun ini di Gresik mencapai 18.985 siswa. Jumlah itu tersebar di 247 satuan pendidikan, dengan rincian 10.940 peserta dari 104 SMP dan 8.028 siswa dari 142 MTs, serta 17 siswa dari sebuah SMP terbuka. (wan)