1.224 Peserta Ikuti Jatim English Competition Ke-7 di UINSA

0
47 views
Jatim English Competition 2017 (JEC 2017) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Sabtu (23/9/2017). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya kembali sukses menyelenggarakan Jatim English Competition 2017 (JEC 2017) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Sabtu (23/9/2017).

Kegiatan perlombaan bahasa Inggris ini menjadi ajang perlombaan tahunan bahasa Inggris di level SMP, SMA dan Universitas di wilayah jawa Timur.

Ketua Panitia kegiatan ini Ana Nela Royani menuturkan, ada lima perlombaan yang digagas tahun ini yaitu Story Telling (Mendongeng) untuk siswa/siswi SMP/MTs sederajat, English Olympiad (Olimpiade Bahasa Inggris) untuk siswa/siswi SMP/MTs sederajat dan SMA/MA sederajat, Speech Contest (Pidato) untuk siswa/siswi SMA/MA sederejat, Essay Competition (Kompetisi Essai) untuk mahasiswa/mahasiswi se-Jawa Timur dan lomba Bazar.

Kegiatan ini juga melibatkan 10 sekolah mitra di Jawa Timur sebagai tempat rayonisasi peserta yaitu di kota Surabaya, Lamongan, Kediri, Malang, Pasuruan, Madiun, Bojonegoro, Jember, Bangkalan dan Pamekasan.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof.Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag dalam pidato pembukaan JEC 2017 menyampaikan pentingnya penguasaan bahasa Inggris dalam menyiapkan generasi muda yang kompeten dalam era Asean Economic Community saat ini.

“Hari ini anak muda kita boleh jadi masih menjadi pelajar, tetapi di masa depan merekalah pemimpin dan pendidik negeri ini,” tutur Ali.

Menurut dia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai pusat pendidikan yang unggul dan kompetitif sangat mendukung kegiatan ini demi majunya pendidikan bahasa Inggris di Indonesia.

Seluruh perlombaan kali ini bertemakan The Rise of Nusantara: Awakening The Eastern Culture Identity to Welcome FTA (Free Tradement Agreement)2018 memperebutkan total hadiah sebesar 16 juta rupiah.

Adapun Juara 1 lomba Olimpiade Bahasa Inggris tingkat SMP atas nama Maysizu Mutiara A. dari MTsN Nganjuk, diikuti Faradilla Amelia P.P dari MTsN 5 Nganjuk dan juara ke-3 atas nama Yasmina Ashfa Z dari SMPN 2 Jember.

Untuk pemenang Olimpiade Bahasa Inggris tingkat SMA/MA sederajat dengan juara 1 atas nama Yoan Cornelia T. dari SMAN 1 Pasuruan, juara 2 dari SMA Al Izzah atas nama Duha Rushida A., dan juara 3 dari MAN 3 Kota Kediri atas nama Galih Rahmawati.

Pemenang lomba Pidato Bahasa Inggris (Speech Contest) juara 1 atas nama Damam Syah N.A dari SMA Progressif Bumi Sholawat, juara 2 atas nama Gabrielle Pantjadarma P. dari SMA Vita, dan juara 3 atas nama Ajeng Eno Pratiwi dari MAN 2 Gresik.

Pemenang mendongeng berbahasa inggris (Story Telling) juara pertama dari SMP Tekno Insan Kamil atas nama Rayzan Rahmananda, juara kedua atas nama Jingga Angelia R dari SMPN 1 Situbondo dan juara 3 atas nama M. Haykal Fikri dari MTsN 1 Sidoarjo.

Sedangkan untuk pemenang lomba Esai tingkat universitas, juara pertama dari UIN Sunan Ampel Surabaya atas nama Khana, juara kedua dari Universitas Islam Malang atas nama Zeita Suryaning Ayu dan juara ketiga atas nama Safira Majma’al Bachrain dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Kompetisi adalah sebuah bagian dari budaya pendidikan. Pendidikan juga harus mengajarkan untuk berkompetisi, bukan hanya untuk menjadi yang terbaik tetapi untuk membiasakan diri melakukan yang terbaik.

“Nilai nilai kearifan lokal tetap harus dijaga meskipun kita sudah memasuki era global, tutur Rizka Safriyani, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya selepas memberikan trophy kepada pemenang lomba.

Brandal Lokajaya Juara se Jatim

Rayzan Rahmananda, dari SMP Techno Insan Kamil Tuban keluar sebagai juara se Jawa Timir. Ia membawakan cerita “Brandal Lokajaya” dalam kegiatan Jatim English Competition 2017 (JEC 2017) di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dengan penampilan memukau, Rayzan berhasil menyabet juara satu lomba story telling kali ini. Diikuti 1.224 peserta dari 10 kota yaitu, Rayzan berhasil menyingkirkan lawan-lawan dari SMP lain dengan perbedaan nilai yang sangat tipis di babak final. (as)