Ratusan Pelajar TK dan RA di Bawean Ikut Manasik Haji

0
1,104 views
Ratusan pelajar TK dan RA se-kecamatan Tambak Bawean, Gresik, ikut manasik haji. (Foto: BG/Abr)
Ratusan pelajar TK dan RA se-kecamatan Tambak Bawean, Gresik, antusias ikut manasik haji. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Ratusan pelajar TK dan RA se-kecamatan Tambak Bawean, Gresik, terlihat antusias mengikuti latihan manasik haji di lapangan sepak bola desa Gelam, kecamatan Tambak Bawean, Sabtu (24/9/2016).

Acara yang digelar oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) kecamatan Tambak ini dikuti sebanyak 34 lembaga pendidikan TK dan RA yang ada di wilayah kecamatan Tambak.

Ketua IGTKI Tambak Yudistiana menuturkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk penanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak usia dini.

Sesuai dengan penekanan metode pendidikan saat ini, kata Yudistiana, penekanan nilai-nilai agama dan moral lebih dikedepankan dibanding dengan capaian nilai-nilai kognitif yang lainnya.

“Penekanan metode pendidikan saat ini menggunakan rumus piramida terbalik. Artinya, pencapaian nilai agama dan moral lebih dtekankan daripada nilai kognitif, bahasa dan lain-lain,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan praktik haji ini juga untuk pengenalan praktek-praktek ibadah pada anak usia dini khususnya ibadah haji.

“Kalau di kelas anak kan metodenya tematik, dengan kegiatan seperti mereka dapat mempraktikkan langsung bagaimana cara ibadah haji,” tandasnya.

Dia berharap agar kegiatan manasik haji selanjutnya bisa diikuti jenjang palajar yang lebih tinggi seperti SMP dan SMA.
“Semoga nanti kegiatan seperti tidak hanya diikuti oleh anak-anak TK tapi juga siswa SMP dan SMA,” pungkasnya. (abr)