5 Pertanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

0
434 views

BeritaGresik.com – Lailatul qadar merupakan malam yang paling dinanti oleh umat Islam, karena pada malam tersebut banyak keistimewaan. Bahkan Alquran menyebutkan bahwa malam lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.

Karena begitu istimewanya malam lailatul qadar, maka tak heran jika seluruh umat Muslim di dunia berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah mereka, agar bisa bertemu dengan malam tersebut.

Malam lailatul qadar ini sendiri tidak diketahui kapan datangnya. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena menurut beberapa pendapat malam lailatul qadar terjadi pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Walaupun tidak ada penjelasan kapan dan bagaimana datangnya lailatul qodar secara pasti tetapi Rasulullah pernah mengambarkan tanda-tanda datangnya malam mulia ini. Berikut lima pertanda datangnya malam lailatul qodar:

1. Udara dan Suasana Pagi yang Tenang
Tanda pertama datangnya malam lailatul qodar adalah udara dan suasana pada pagi hari terlihat tenag. Seperti dikisahkan oleh Ibnu Abbas radliyallahu’anhu. Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

2. Sinar matahari cerah namun tidak terasa panas
Setelah itu, tanda malam lailatul qodar selanjutnya adalah sinar matahari yang bersinar cerah namun lemah sehingga tidak terasa begitu panas. Hal ini seperti yang Dikisahkan Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Keesokan hari malam lailatul qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

3. Malam yang terang, tidak dingin, tidak berawan, tidak hujan, tidak panas, tidak ada angin kencang
Rasulullah pernah bersabda bahwasanya salah satu tanda malam lailatul qodar adalah pada malam tersebut sangat terang.  “Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan), sebagaimana hadits dari Watsilah bin al-Asqo’.

4. Orang yang sedang melakukani ibadah dimalam tersebut akan merasakan kelezatan beribadah
Saat malam lailatul qodar datang maka orang yang sedang melakukan ibadah pada malam tersebut akan merasa kenikmatan beribadah yang tidak pernah Ia rasakan pada malam sebelumnya.

5. Bulan terlihat separuh bulatan
Abu Hurairoh ra pernah berkata bahwa mereka pernah berdiskusi tentang lailatul qadar disamping Rasulullah SAW lalu beliau bersabda; “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.”