Naskah UN untuk Pulau Bawean Mulai Dikirim

0
351 views
Ilustrasi naskah UN
Ilustrasi naskah UN

BeritaGresik.com – Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur menyatakan, naskah ujian nasional (UN) berbasis kertas mulai dikirim ke wilayah kepulauan. Salah satunya naskah UN untuk wilayah kepulauan yang terdapat di Kabupaten Gresik, yakni Pulau Bawean.

Pengiriman naskah dilakukan dari percetakan PT Jasuindo Tiga Perkasa, Gedangan, Sidoarjo. “Naskah soal dikirim lengkap bersama CD untuk listening mata pelajaran bahasa Inggris,” terang Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman, Senin (21/3/2016).

Naskah untuk kepulauan Kabupaten Gresik atau Pulau Bawean berjumlah 21 boks. Untuk tingkat SMA dengan 7 boks, lalu untuk 4 lembaga dengan total pesertanya 321 siswa. Tingkat MA diberi 12 boks naskah, untuk 8 lembaga dengan jumlah peserta MA 541 siswa.

Lebih lanjut Saiful menjelaskan, distribusi naskah UN untuk wilayah kepulauan jadi prioritas karena menyesuaikan dengan jadwal penyebrangan kapal. Setelah sampai di masing-masing wilayah, naskah disimpan di Polsek.

“Kalau disimpan di kantor dinas pendidikan setempat kurang efektif, lagi pula musim penghujan ini di polsek tidak akan kebanjiran,” ujarnya

Dengan disimpan di Polsek, naskah soal bisa dijaga 24 jam dengan profesional. “Nanti pemegang kunci juga dari kedua belah pihak, satu kepolisian dan satunya lagi Dinas Pendidikan,” pungkasnya. (wan)