Antisipasi Cuaca Buruk, Soal UN untuk Bawean Dikirim Lebih Awal

0
298 views
Soal UN untuk Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)
Soal UN untuk Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Naskah soal ujian nasional (UN) berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) untuk sekolah di Pulau Bawean Gresik dikirim lebih awal. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi cuaca buruk disertai gelombang tinggi di laut Jawa.

Sebelum dikirim ke Pulau Bawean, soal UN diamankan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Jl Arif Rahman Hakim dengan dijaga ketat 5 aparat Polisi. Lalu pada Selasa (22/3), soal UN dikirim ke Bawean lewat jalur laut menggunakan kapal Expres Bahari.

“Semua 23 box terdiri dari soal Unas dan lembar jawaban komputer. Pelaksanaan Unas masih lama yaitu 4 sampai 7 April mendatang. Dikhwatirkan ada cuaca buruk sehingga dikirim lebih awal,” kata Kabid Pendidikan Dasar Menengah Nur Maslicah, Selasa (22/3/2016).

Soal UN 2016 ini untuk 936 peserta Unas di Pulau Bawean tingkat SMA sederajat dari 16 lembaga pendidikan baik negeri dan swasta. UN di Bawean terdiri atas 14 penyelenggara dan 2 lembaga penggabung.

Sementara untuk pengamanan dokumen UN di Kantor Dikdik Gresik, Polres Gresik mengerahkan 10 anggota untuk berjaga secara bergantian. Kunci dibawa Dinas Pendidikan dan Polres Gresik. Naskah tersebut tergembok rapat.

“10 personil masing-masing 5 personil akan berjaga-jaga secara bergantian. Dan tadi pagi langsung dikirim ke Pulau Bawean menggunakan jasa kapal,” kata Kasatbinmas Polres Gresik AKP M Zunaidi.

Sebelumnya, perlengkapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) pekan kemarin sudah dikirim 942 unit komputer dan 42 unit untuk server, total 984 unit ke Dinas Pendidikan.

Pengamanan selama pengiriman ke Pulau Bawean akan diawal 3 personil Polisi, dari Polres Gresik dan petugas Dinas Pendidikan. “Mudah-mudahan tidak ada kendala di lapangan,” terangnya,” pungkas nya.(wan).