Bawean Foundation, Komunitas Peduli Pendidikan Pulau Putri

0
1,545 views
Program beasiswa penuh bagi pelajar Bawean berprestasi dan kurang mampu (Foto: bawean fondation)
Program beasiswa penuh bagi pelajar Bawean berprestasi dan kurang mampu (Foto: bawean fondation)

BeritaGresik.com – Masih banyak pelajar berprestasi yang tinggal di pulau-pulau kecil di Indonesia tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, termasuk di Pulau Bawean. Hal ini disebabkan masalah ekonomi dan terbatasnya akses terhadap program beasiswa pemerintah.

Kenyataan itu kemudian memanggil sekumpulan pemuda asal Pulau Putri Bawean yang tinggal di Kota Malang Jawa Timur beraksi dengan membentuk sebuah lembaga yang diberi nama “Bawean Foundation”.

Dikutip dari situs www.baweanfoundation.org, Bawean Foundation didirikan di Kota Malang pada 6 Juni 2013. Lembaga ini dirintis oleh alumni IMPSB-Malang yakni Achmad Fatah Yasin, Achmad Buruddin, Hasis, Fathullah, Mis’awi, Umar Al Faruk, dan Ainul.

Bukan membangun sarana pendidikan di sekolah yang mereka lakukan, melainkan memberikan beasiswa kepada pelajar Bawean yang berprestasi dan kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dalam memberikan bantuan beasiswa, Bawean Foundation juga mengandalkan bantuan dana dari orang-orang yang memiliki kesamaan visi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Bawean lewat pendidikan.

Upaya kecil yang mereka lakukan diyakini bakal memberikan dampak besar bagi kemajuan dan perkembangan Pulau Bawean di masa mendatang. Sehingga kualitas pendidikan generasi muda Bawean pun makin meningkat. [zr]