Kemenag Gresik Perketat Pendirian Madrasah

0
727 views
Ilustrasi siswa madrasah
Ilustrasi siswa madrasah

BeritaGresik.com – Kementerian Agama (Kemenag) Gresik akan memperketat syarat mendirikan Madrasah swasta. Itu dilakukan menyusul banyaknya laporan madrasah di Gresik yang kekurangan murid.

Pendirian madrasah juga diperketat sebagai upaya meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan madrasah. Demikian dikemukakan oleh Kepala Kantor Kemenag Gresik, Haris Hasanuddin, dilansir Times Indonesia, Senin (19/9/2016).

Ke depan, terang Haris, syarat pendirian madrasah mencakup kelayakan fasilitas, guru dan estimasi jumlah murid. “Tujuannya untuk meningkatkan mutu madrasah sehingga sesuai standar pendidikan nasional,” jelasnya.

Namun, Haris mengaku pihaknya belum mengetahui jumlah persis madrasah di Gresik yang dilaporkan kekurangan murid. “Saat ini kita sedang mengidentifikasi Madrasah yang mengalami krisis murid,” tuturnya.

Salah satu Madrasah Tsanawiyah yang akan tutup tahun ini akibat kekurangan murid adalah Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak yang ada di Desa Samirplapan Kecamatan Duduksampeyan, Gresik.

Madrasah yang berdiri puluhan tahun tersebut dipastikan tutup tahun ini karena muridnya hanya kelas tiga saja yang berjumlah 9 orang. (zr)