Kelas Inspirasi Gresik Ajak Anak SD Kenali Cita-Cita

0
24 views
Kelas Inspirasi Gresik (KIG) ke 4 di sejumlah sekolah SD di Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Apa jadinya jika anak sekolah dasar (SD) diajak merasakan dan berimajinasi tentang cita-cita ketika kelak dewasa. Hal inilah yang digagas oleh Kelas Inspirasi Gresik (KIG) ke 4 di sejumlah sekolah SD di Gresik, Senin (17/9/2017).

Mereka memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan. Hal itu yang dilakukan KIG untuk memperkuat rasa percaya diri dan tekat untuk terus berjuang mencapai cita cita.

Dalam kegiatan bertajuk “Membangun Asa Meraih Mimpi”, siswa SDN Klangonan, Kebomas dan SDN Semampir, Duduk Sampeyan, tanpak asyik mendengarkan dan melihat arahan dari Tim KIG yang mendatangkan berbagai narasumber.

Para narasumber yang dihadirkan mewakili cita-cita siswa, seperti Kodim, Pemadam Kebakaran, Palang Merah Indonesia, ATC (pengarah lalulintas jalur udara) dan Badan Narkotika Nasional. Selain itu, ada profesi digital marketing, apoteker, analis lab, accounting officer, vloger, serta arsitek.

Beberapa siswa malah terlihat asyik mendengarkan tim ATC Penerbangan yang menjelaskan tentang  bagaimana tugas dari tim ATC dalam mengatur lalu lintas udara. Sebagian lagi asyik berVloger bersama tim pemateri videografi yang menjelaskan bagaimana menjadi seorang Vloger.

Umi Nur Farida (28), salah satu koordinator tim KIG ke 4 mengatakan, setiap pengajar mendapat kesempatan mengajar dari kelas 1-6 bergiliran. Pengajar menyampaikan dengan bahasa yang sangat sederhana.

“Tantangannya adalah para pemateri profesi harus bisa menjelaskan sesederhana mungkin kepada siswa yang berbeda kelas dari kelas 1 sampai kelas 6,” kata Umi kepada BeritaGresik.com.

Umi menambahkan, pada penutup acara seluruh siswa diminta menulis di kartu pos untuk di sampaikan ke orang tua yang berisi cita-cita yang diinginkan para siswa.

“Di penutup, kita kasih kartu pos yang ditulis apa keinginan dan cita-cita dari siswa-siswa ini, lalu kartu posnya di serahkan ke orang tuanya,” tambahnya.

Desy Ayu Sekarsari, siswi kelas 3 SDN Klangonan, Kebomas, Gresik yang mengikuti kegiatan ini mengaku bahwa acara ini sangat seru dan menarik.

“Acaranya seru sekali dan tadi dijelasin tentang profesi-profesi, dan saya pengen jadi guru TK,” kata Desy dengan polosnya.

KIG ke-4 pada tahun ini digelar serentak di Gresik daratan dan juga kepulauan Bawean.

Di Gresik daratan ada SD Tirem Duduk Sampeyan, SD Semampir Cerme, SDN Gosari Ujung Pangkah, SD Klangonan Kebomas, SD Turirejo Kedamaian, SD Bengkelo Lor Benjeng. Sedangkan di Pulau Bawean ada SD Pekalongan 2, MINU 29 Kedawang, dan SD Sidogedungbatu 6.(wan)