MA Mambaul Falah Bawean Raih Juara Umum Lomba Olah Makanan Pemkab Gresik

0
843 views
MA Mambaul Falah Bawean sabet juara umum lomba pengolahan makanan dan minuman yang diadakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Gresik bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Tim Penggerak PKK, Rabu (16/3/2016).
MA Mambaul Falah Bawean juara umum lomba pengolahan makanan dan minuman tingkat Gresik, Rabu (16/3/2016).

BeritaGresik.com – Madrasah Aliyah (MA) Mambaul Falah Kecamatan Tambak Bawean berhasil meraih juara umum setelah memenangkan 3 dari 4 kategori lomba pengolahan makanan dan minuman yang diadakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Gresik bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Tim Penggerak PKK, Rabu (16/3/2016).

Kriteria lomba meliputi pengolahan minuman dari buah naga, selai buah naga, dendeng cabai dan manisan kunyit. MA Mambaul Falah berhasil mengalahkan SMK Al-Ikhlas Panceng dan SMA Negeri 1 Wringinanom dalam kategori pengolahan minuman dari buah naga.

MA Mambaul Falah juga sukses memperoleh nilai terbaik dan berhasil mengungguli SMA Negeri 1 Wringinanom dan SMA Negeri 1 Kedamean dalam pengolahan selai buah naga. Tidak hanya itu, sekolah yang berada di Pulau Bawean itu menorehkan prestasi terbaik pengolahan dendeng cabai.

Namun dalam mengolah kunyit yang terkenal dengan rasanya yang pahit, berhasil didulap oleh SMA Negeri 1 Kedamean menjadi manisan. Sehingga sekolah tersebut berhasil memperoleh juara 1 dalam pengolahan kunyit tersebut.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang didampingi ketua Tim Penggerak PKK (TPPKK) Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari Halim Radianto bersama ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gresik Zumrotus Sholihah Qosim merasa bangga dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Karena melalui lomba yang diadakan saat ini, harapan kami dapat tercipta inovasi-inovasi makanan olahan yang nantinya dapat bersaing di kancah Internasional, utamanya dalam menghadapi MEA,“ ujar Sambari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Agus Djoko Walujo melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono berharap siswa-siswi SMA yang mewakili kecamatannya masing-masing mampu menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam pengolahan makanan.

“Khususnya hasil komoditas pertanian yang ada di Gresik. Dan dalam perlombaan tersebut sengaja didatangkan juri dari Luar Gresik dan sangat berpengalaman di bidangnya agar penilaian dapat dilakukan secara objektif,” ucapnya. (wan)