Ratusan Siswa-Siswi Mambaul Falah Bawean Ikuti Manasik Haji

0
30 views
Ratusan siswa-siswi Mambaul Falah Bawean ikuti praktik manasik haji di halaman sekolah setempat. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Layaknya pelaksanaan ibadah haji sungguhan, ratusan siswa dan siswi MTs dan MA Mambaul Falah, di Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik tanpak begitu antusias saat melaksanakan tahapan manasik haji.

Peragaan pelaksanaan haji ini digelar di halaman┬ámadrasah setempat, yang sudah diseting layaknya di Tanah Suci Makkah. Miniatur ka’bah diletakkan di tengah, lalu di sudut lainnya ditulis Sofa dan Marwah tempat pelaksanaan Sa’i. Sementara di pojok lain terdapat tulisan Arafah, tempat para jama’ah mengerjakan ibadah wukuf.

Dengan berpakain putih layaknya baju ihram, prosesi manasik haji pun dimulai. Peragaan manasik haji dimulai dengan sesi keberangkatan yang diarak oleh rombongan untuk berangkat ke Tanah Suci.

Sesaat kemudian tibalah mereka di Tanah Suci tempat prosesi praktik ibadah haji berlangsung. Para siswa menuju arofah untuk melaksanakan ibadah wukuf sebagai salah satu rukun haji yang harus dikerjakan.

Selanjutnya, mereka mengerjakan towaf ifadah dengan cara mengelilingi ka’bah selanjutnya ibadah Sa’i berlari kecil antara sofa dan Marwah. Prosesi dilanjutnya dengan praktik tahallul atau mencukur rambut yang dilaksanakan secara simbolik.

Rangkaian acara itu merupakan praktik manasik haji yang digelar oleh ratusan siswa dan siswi Madrasah Aliyah Mambaul Falah Bawean, Sabtu (16/09/2017).

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terhadap anak didik tentang praktik haji yang sesungguhnya. Sehingga jika suatu saat nanti mampu pergi ke Tanah Suci, setidaknya sekolah sudah memberikan pemahaman dasar kepada para pelajar tentang praktik ibadah haji.

“Setidaknya jika suatu saat nanti mereka punya kecukupan melaksanakan ibadah haji, mereka sudah punya gambaran tentang dasar-dasar manasik haji,” kata Imam Ghozali, panitia pelaksana manasik haji sekaligus guru di lembaga tersebut.

Siswa yang sudah selesai mengikuti rangkaian manasik haji dirias sedemikian rupa. Kemudian, mereka diarak dengan diiringi lagu-lagu sholawat, sebagai pertanda bahwa mereka tiba di kampung halaman dan selesai mengikuti rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Makkah. (abr)