Sekolah Tarik Pungutan, Bupati Sambari Geram

0
2,963 views
Bupati Sambari. (Dok. BG/Wan)
Bupati Sambari. (Dok. BG/Wan)

BeritaGresik.Com – Dunia pendidikan di Kabupaten Gresik sedang dikejutkan kabar dugaan pungutan liar (pungli) di SDN Sidokumpul 2 Kecamatan Gresik sebesar Rp 100 ribu, dengan dalih sumbangan untuk perbaikan kamar mandi sekolah.

Kabar adanya praktik pungutan terhadap siswa itu ramai diperbincangkan di media sosial dalam beberapa hari terahir. Kasus ini bahkan sudah dilaporkan ke DPRD Gresik, dan telah ditindaklanjuti ke Dinas Pendidikan Pemkab Gresik.

Informasi tersebut tanpaknya membuat geram orang nomor satu di Gresik, Bupati Gresik Sambari Halim Radiyanto. Jika praktik itu benar terjadi, Bupati mengancam akan memberikan sangsi tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Gresik, Mahin, mengaku sudah menerima laporan adanya pungli tersebut. Atas kejadian itu, pihaknya mengaku sudah meminta UPT Dinas Pendidikan daerah setempat untuk memanggil pihak sekolah.

“Saya sudah minta kepada UPT agar memanggil pihak sekolah untuk dimintai klarifikasi. Hasilnya seperti apa, kami masih menunggu laporan dari UPT,” jawabnya.

Menurut dia, permintaan uang sumbangan pada dasarnya tidak ada masalah. Tapi, yang perlu digaris bawahi, permintaan sumbangan tersebut tidak boleh ditentukan nominalnya berapa.

“Orang menyumbang kan terserah, berdasar kemampuannya masing-masing. Jadi, sumbangan itu tidak boleh ditentukan nominalnya,” terang Mahin.

Dia mengaku sudah sering kali mewanti-wanti kepada semua sekolah agar tidak sembarangan menarik iuran ke wali murid. Apalagi masalah pungutan di sekolah, selama ini juga menjadi atensi Bupati Gresik. (wan)