Peringati Hari Buku, Pelajar Gresik Ajak Warga Gemar Membaca

0
270 views
Ratusan SMP
Ratusan siswa SMP 12 Muhammadiyah Gresik peribgati Hari Buku Nasional, Senin (16/5/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Ratusan siswa SPM 12 Muhamadiyah Gresik memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2015, dengan membaca buku bersama. Mereka tanpak hanyut dalam buku bacaan masing-masing di halaman sekolah, Senin (16/52016).

Peringatan Hari Buku yang dilakukan dengan membaca bersama ini baru pertama kali dilakukan para pelajar di Gresik. Tak banyak waktu yang diberikan kepada peserta untuk menyelesaikan bacaan mereka.

Selang 15 menit berikutnya, panitia menyatakan waktu membaca sudah tuntas. “Ini hanya peringatan serta ajakan kepada masyarakat untuk mencintai kegiatan membaca,” kata Kepala SMP 12 Muhammadiyah GKB, Hari Widianto.

Peringatan Hari Buku Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan dan melestarikan budaya membaca buku, karena dengan terciptanya budaya membaca yang baik dan teratur maka ilmu pengetahuan akan semakin bertambah.

Raihana salah satu sisawa SMP 12 Muhammadiyah GKB menilai, minat baca masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Saat ini anak-anak dikatakan lebih banyak menghabiskan waktu dengan smartphone ketimbang membaca buku.

“Fenomema ini memang terjadi di sekitar kita. Anak-anak lebih senang menghabiskan waktunya untuk main Instagram, Facebook, menonton Youtube, update status, mention, retweet dan lain-lain,” ucap Raihana.

Menurut dia, budaya pop ini membuat banyak anak muda malas untuk membaca buku. Ironisnya, perpustakaan yang seharusnya digunakan para siswa untuk mencari buku-buku referensi justru sangat jarang sekali dikunjungi.

“Mereka lebih senang main gadget atau nongkrong bersama teman-temannya. Sedikit sekali yang menghabiskan sebagian waktunya untuk membaca lembaran-lembaran tulisan yang penuh dengan ilmu pengetahuan,” imbuhnya. (wan)