Lebaran tinggal 4 hari lagi

0
538 views

Seperti yang telah diketahui bahwa kehadiran hari lebaran sangat dinanti-nanti oleh kita semua, sama halnya dengan kehadiran bulan suci Ramadhan saat ini. Hari lebaran merupakan suatu hal yang bisa disebut dengan hari kemenangan. Artinya pada hari tersebut kita merayakan kemenangan, karena sudah berhasil memerangi hawa nafsu selama satu bulan lamanya. Nah hawa nafsu tersebut diperangi dengan ibadah yang diamakan ibadah puasa. Ibadah puasa sendiri merupakan sebuah ibadah yang dilakukan guna menahan lapar dan haus mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.
Hari lebaran ini tentunya akan disertai dengan beragam tradisi yang ada. Tradisi tersebut sangat beragam, diantaranya adalah tradisi saling berbagi dan mengirim makanan, tradisi ini memiliki tujuan utama untuk menjaga tali silaturahmi atau tali persaudaraan antara warganya, selain itu juga menebarkan kebahagiaan kepada sesama. Tradisi lain yang seringkali ditemukan pada hari lebaran adalah halal bi halal. Tradisi merupakan tradisi untuk mengunjungi rumah tetangga, teman, dan saudara guna meminta maaf kepada sesama. Kini seiring dengan berkembangnya tekhnologi, tradisi halal bi halal atau maaf-maafan ini juga dapat dilakukan melalui jejaring sosial.
Sementara itu, tradisi yang selalu dilakukan warga bawean pada saat hari lebaran adalah ziarah ke makam. Biasanya tradisi ziarah ke makan ini dilakukan setelah selesai melaksanakan sholat Idul Fitri, gunanhya adalah untuk mendoakan kerabat atau pun orang tua yang sudah lama mendahului kita. Salah satu yang identik dengan hari lebaran adalah tradisi memakai pakaian baru. Perlu kita ketahui bahwa tradisi baju baru ini masih berlaku hingga sekarang. Tradisi tersebut merupakan sebuah symbol yang menandakan bahwa kita sedang berada di hari yang fitri atau hari dimana kita seperti baru terlahir ke dunia.
Yang terakhir tradisi yang kerap ada hubungannya dengan hari lebaran adalah tradisi ketupat. Biasanya pada hari lebaran di berbagai rumah sudah tersedia bahkan sudah tersaji dengan rapi hidangan menu untuk sarapan. Biasanya menu sarapan pada hari lebaran ini adalah ketupat yang dimakan bersamaan dengan opor ayam maupun rendang daging.