3 malam terahir turunnya lailatul Qadar

0
361 views

Malam lailaatul Qodar atau yang disebut malam seribu bulan adalah suatu momentum yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh belahan dunia ketika bulan Ramadhan. Pada malam Lailatul Qadar dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan. Di Al-qur’an surah Al-Qadr memberikan pernyataan bahwa Lailatul Qadar itu setara dengan seribu bulan. Keistimewaan malam ini pun sudah di jelaskan dalam surat Al-Qadr.

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam 21,23,25,27,29 dan akhir malam bulan Ramadhan, wallahu a’lam. Mengenai pendapat yang paling kokoh, terjadinya malam Seribu Bulan itu pada malam terakhir bulan Ramadhan berdasar hadist ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah Muhammad SAW beriktikaf pada sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan dan beliau bersabda. “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (Bukhari 4/22 dan Muslim 1169).

Jika orang muslim sedang dalam keadaan lemah dan tidak mampu melaksanakan ibadah, jangan sampai luput dari tujuh hari terakhir di bulan Ramadhan. Ibnu Umar meriwayatkan, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alahi wasallam bersabda : “Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka janganlah sampai terluput tujuh hari sisanya” Hadist riwayat Bukhari 4/221 dan Muslim 1165.

Saat ini, Ramadhan telah menginjak malam ke 26.berarti tinggal 3 malam lagi kesempatan kita untuk pahala seribu bulan ini. Seribu bulan itu lamanya lebih daripada 83 tahun yang setara dengan rata-rata umur seorang manusia. Melakukan ibadah pada malam yang istimewa ini pun pahalanya setara dengan ibadah sepanjang masa. Masih ada lagi keistimewaan di malam seribu bulan yaitu peristiwa turunnya malaikat Jibril kepada Rasulullah Muhammad SAW membawa wahyu sudah usai, maka pada malam kemuliaan yang setara dengan seribu bulan itu seakan merupakan suatu rekonstruksi demi pembaharuan kesejahteraan umat manusia.
Malam kemuliaan ini merupakan karunia yang tidak ada duanya. Siapapun yang sampai terlambat untuk memanfaatkan malam kemuliaan ini akan begitu disayangkan. Seluruh umat muslim di dunia pastinya begitu ingin mendapati keistimewaan di malam kemuliaan ini bukan ?. Hari mulia ini akan selalu dinantikan oleh seluruh umat muslim disetiap bulan Ramadhan.(zr)