16 Siswa Ikut Seleksi Beasiswa Bawean Foundation

0
829 views
Sejumlah siswa/siswi Bawean mengikuti seleksi beasiswa Bawean Foundation di Kantor UPT Dinas Pendidikan Sangkapura, Minggu (14/3/2016). (Foto: BG/Abr)
Siswa/siswi Bawean ikut seleksi beasiswa Bawean Foundation di Kantor UPT Dinas Pendidikan Sangkapura, Minggu (13/3/2016). (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Sebanyak 16 siswa dan siswi dari berbagai sekolah di Pulau Bawean mengikuti tes seleksi program beasiswa Bawean Foundation di Kantor UPT Dinas Pendidikan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik, Minggu (13/3/2016).

Program yang digagas oleh Bawean Foundation Scholarship ini dimaksudkan untuk menjaring siswa-siswi Bawean berpreatasi, khususnya dari kalangan keluarga yang tidak mampu.

Manager Bawean Foundation Scholarship (BFS) Ahmad Fatah Yasin menjelaskan, dari 16 siswa/siswi yang saat ini mengikuti tes seleksi nantinya akan diambil dua orang siswa/siswa terbaik.

“Jadi nantinya ada dua orang yang kita pilih untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi di Kota Malang, Jawa Timur. Mereka akan mendapat beasiswa penuh dari BFS,” papar pria yang akrab disapa Afys itu.

(Foto: BSF)
(Foto: BSF)

Lebih lanjut Afys menuturkan, sejauh ini pihaknya hanya mampu menyediakan beasiswa bagi dua orang peserta tes. Hal itu dikatakan menyesuaikan dengan alokasi dana yang berhasil dihimpun dari para donasi yang bergabung di BFS.

“Tahun ini kita baru mulai, dan sampai saat ini dana yang terkumpul melalui donasi bari cukup untuk dua orang peserta saja,” ungkapnya.

Afys berharap ke depan semakin banyak donatur yang bergabung dengan lembaga yang dipimpinnya, sehingga bisa menambah kuota atau jumlah pelajar dari kalangan tidak mampu yang bisa memperoleh beasiswa dari BFS.

Melalui program ini, kata Afys, pihaknya terus memantau perkembangan setiap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Selain mengantarkan ke bangku kuliah, pihaknya juga memberikan pelatihan keterampilan dan interpenuer.

Proses seleksi calon penerima beasiswa Bawean Foundation ini melibatkan pihak ketiga, yakni Anima Counsulting Malang. Itu dilakukan guna menjaga netralitas tes tahap akhir yang meliputi tes tulis (psikotes) dan tes wawancara.

Sebelumnya, Bawean Foundation sudah melakukan beberapa tahapan tes yakni tahap verifikasi administrasi dan verifikasi faktual ke rumah masing-masing peserta. Proses itu dilakukan sebelum memasuki tes tahap akhir. (abr)