Berkunjung ke Gresik, Mahasiswa Jepang Terkesan Budaya Indonesia

0
732 views
Study budaya Jepang-Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. (Foto: BG/Wan)
Study budaya Jepang-Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com –¬†Yoshihiro Uonomi (21), mahasiswa semester 4, Fakultas Hukum, salah satu Universitas di Jepang mengaku terkesan dengan ragam seni budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Hal itu disampaikan perwakilan dari Japan Foundation itu saat berjunjung ke SMA Muhammadiyah 1 Gresik dalam acara bertajuk Study Budaya Jepang-Indonesia, Rabu (12/10/2016).

“Saya suka sekali dengan banyaknya ragam seni budaya di Indonesia. Hal ini membuat saya ingin mempelajarinya dengan cara bertukar pengetahuan,” ujar Yoshihiro.

Dia berkunjung ke SMA Muhammadiyah bersama warga Jepang lainnya, yakni Yoko Ishi Bashi serta Sriyati Marimoto, seorang warga Indonesia yang sudah tinggal di Jepang selama 18 tahun.

Ketiga orang tersebut merupakan delegasi dari Japan Foundation, yang ditugaskan untuk keliling ke sekolah-sekolah di Indonesia dengan misi tukar budaya dan pengetahuan.

Kegiatan itu dimaksudkan agar siswa dapat sharing secara langsung untuk mengetahui kebudayaan ataupun kebiasaan orang Jepang.

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Ainul Muttaqien mengatakan, kegiatan ini merupakan pemberian Bina Antar budaya, seperti halnya salah satu siswanya yang mengikuti American Field Service (AFS).

“Saat ini, ada satu siswa berkesempatan ke negara Swiss dengan mengenalkan Tari Garuda Nusantara. Ada hal menarik bagi siswa, karena adanya tukar budaya dan pengetahuan antara siswa,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, para siswa mempertunjukkan dua tarian yang menjadi icon bangsa Indonesia dan Jawa Timur khususnya, yakni tari Garuda Nusantara dan tari Remo.

Sementara dua orang delegasi dari Japan Fondation menampilkan Kimono dan memperkenalkan permainan tebak suit (Yukata) baju khas Jepang. (wan)