Ansor Gresik Pertanyakan Soal Ujian Berbau Wahabi

0
560 views
Temukan soal berbau Wahabi, Ansor Gresik sambangi Kantor Depag dan Dispendik Gresik. (Foto: BG/Wan)
Temukan soal berbau Wahabi, Ansor Gresik sambangi Kantor Depag dan Dispendik Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Gresik mendatangi Kantor Depag dan Dispendik Gresik. Kedatangan mereka dalam rangka untuk meminta klarifikasi terkait soal ujian siswa SMA yang dinilai berbau Wahabi.

Ansor khawatir soal ini merupakan titipan untuk menyebarkan virus Wahabi di Kabupaten Gresik. Para aktivis Ansor dibuat kecewa lantaran kedua Kepala Dinas tidak ada yang bisa menemui kedatangan mereka.

Mereka berjanji bakal menggelar aksi unjuk rasa pada Senin (14/3) mendatang. “Kami hanya ingin meminta klarifikasi kenapa ada soal berbau wahabi pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2016,” ujar Sekertaris Umum GP Ansor Gresik Agus Junaidi, kemarin.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Gresik mendatangi Kantor Depag dan Dispendik Gresik terkait soal ujian berbau Wahabi. (Foto: BG/Wan)
GP Ansor Cabang Gresik mendatangi Kantor Depag dan Dispendik Gresik terkait temuan soal ujian berbau Wahabi. (Foto: BG/Wan)

Agus mengaku pihaknya menemukan soal ujian berbau Wahabi pada paket soal II nomor 25. Karena itu, pihaknya menganggap perlu untuk meminta klarifikasi kepad dinas terkait tentang keberadaan soal berbsu wahabi tersebut.

“Kami ingin tahu siapa yang membuat soal tersebut, karena kami mengindikasikan adanya upaya untuk menyebarkan virus Wahabi di sini,” pungkas dia.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi PAI SMA Depag Gresik, Hudaibi mengatakan, saat ini Kepala Kantor sedang tidak ada di tempat. Dia mengaku bakal menyampaikan apa yang disampaikan GP Ansor. “Nanti kami koordinasikan kepada Kepala Kantor,” ujarnya.

Menurut Hudaibi, pembuatan soal ini dilakukan tim MGMP Jawa Timur atas petunjuk dari pusat. Depag Gresik tidak tahu menahu terkait proses pembuatan. “Memang ada satu orang perwakilan dari Gresik namun pembuatan dilakukan di tingkat Jatim,” ungkap dia.

Pihaknya berjanji bakal menyampaikan surat protes yang dilayangkan GP Ansor kepada Kanwil Depag Jatim. Sehingga, bisa dilakukan evaluasi terhadap keberadaan soal tersebut. “Nanti kami tembuskan surat kepada Kanwil Depag Jatim,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Kasi Pendidikan SMA Dispendik Gresik Sugeng Istianto mengatakan, saat ini Kepala Dinas sedang ada urusan di luar. Namun, pihaknya berjanji bakal menyampaikan masukan dari GP Ansor.

“Senin silahkan datang lagi ke sini, Pak Kadis siap untuk menemui,” pungkasnya. (wan)