Sidak UNBK di Gresik, Wagub Jatim Minta Siswa Tak Panik

0
96 views
Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan Bupati Gresik saat sidak Ujian Nasional di beberapa sekolah di Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ke beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (10/4/2017) pagi.

Dalam kesempatan itu, orang nomor dua di Jawa Timur itu terlihat didampingi Bupati Gresik Sambari Halim Radinato. Setibanya di Gresik, Gus Ipul, sapaan akrabnya, sidak ke SMAN 1 Gresik, lalu ke SMA NU 1 Gresik dan menuju SMA Muhammadiyah Gresik.

Gus Ipul bersama Sambari Halim Radianto dan Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito sempat berdiskusi dengan puluhan siswa SMAN 1 Gresik saat berkumpul di masjid yang berada di dalam areal sekolah.

Di tempat itu, Gus Ipul memberikan semangat kepada para siswa untuk tidak panik saat menghadapai ujian berbasis komputer. “Apalagi siswa SMAN 1 Gresik sudah yang ketiga kalinya melaksanakn ujian nasional berbasis komputer,” ujarnya.

Gus Ipul juga mengapresiasi Bupati Gresik, karena semua SMA dan SMK di Gresik bisa melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, termasuk siswa yang ada di Pulau Bawean.

Sementara Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di hadapan para siswa yang baru saja melaksanakan sholat dhuha mengaku dirinya selalu mendo’akan agar pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan lancar.

“Sebagai bapaknya anak-anak Gresik pasti saya mendo’akan supaya anda semua bisa mendapatkan nilai yang bagus dan lulus semuanya,” kata Sambari.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi di Gresik, jumlah siswa SMA/MA dan SMK yang ikut ujian nasional tahun ini berjumlah 15.198 siswa, yang terbagai dalam 12.631 siswa mengerjakan ujian berbasis komputer sementara yang 2.567 siswa masih mengerjakan ujian nasional berbasis naskah di kertas.

Mereka yang mengerjakan soal dengan naskah kertas atau bukan sitem komputer, semuanya ada di sekolah Madrasah Aliyah. Sementara untuk SMK dan SMA di Gresik sudah menggunakan ujian nasional berbasis komputer semua. (amn)