Perpustakaan Digital Bangkitkan Minat Baca Siswa

0
691 views
Suasana Kebun Buku Library SMA NU 1 Gresik yang kelihatan rapi dan bersih. Diharapkan siswa-siswi betah di dalam perpustakaan untuk membaca buku, Jumat (6/11/2015). (Foto: Wan)
Suasana Kebun Buku Library SMA NU 1 Gresik yang terlihat rapi dan bersih. Diharapkan siswa-siswi betah di dalam perpustakaan untuk membaca buku, Jumat (6/11/2015). (Foto: Wan)

BeritaGresik.com – Perpustakaan yang didesain serba digital milik SMA NU 1 Gresik tak hanya memberi kenyamanan bagi para pembaca, tapi juga membangkitkan gairah membaca siswa.

Pada bagian dalam perpustakaan tersebut berbagai buku ditata dengan rapi. Selain buku dalam bentuk kertas, perpustakaan yang meraih penghargaan terbaik tingkat nasional ini juga menyediakan buku digital.

Tempat yang nyaman dan menyenangkan membuat siswa betah dan gemar membaca. “Dari membaca siswa bisa membuat karya ilmiah, tahu sejarah dan menggapai cita-cita,” kata Kris Aji AW, pengelola perpustakaan.

Menurut dia, perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap minat baca siswa. Karena itu, inovasi perpustakaan dinilai sangat penting bagi lembaga pendidikan.

“Banyak bahan bacaan di internet yang bisa menjadi acuan siswa dan masyarakat tapi sumber di internet terkadang tidak ada referensinya,” ucap Kris Aji AW, guru sekaligus pengelola.

Untuk itu, terang Aji, buku yang sudah ada penerbit dan referensinya menjadi sangat penting untuk dibaca oleh para siswa. [wan]