Menengok Perpustakaan Digital SMA NU 1 Gresik

0
891 views

Perpustakaan SMA NU 1 Gresik

BeritaGresik.com – Buku sebagai jendela dunia menjadi perhatian khusus SMA NU 1 Gresik, terutama dalam menarik minat baca siswa-siswinya. Perpustakaan yang semula layanannya manual itu kini diubah menjadi serba digital.

Perpustakaan yang diberi nama ‘Kebun Buku Library’ itu tertata rapi dalam suasana tenang dan sejuk. Beberapa layar komputer tersedia di tempat itu. Itu terlihat saat beritagresik.com coba berkunjung ke  sana pada Jumat (6/11/2016).

Pemberian nama Kebun Buku Library ini ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada siswa-siswi agar gemar membaca buku, sebab perkembangan teknologi telah menyebabkan banyak siswa di sekolah mulai malas membaca buku.

Keberadaan perpustakaan dengan sistem serba digital ini dirasakan sangat memudahkan bagi para siswa di SMA NU 1 Gresik dalam menelusuri buku yang dicari. Kemudahan dalam mencari buku ini cukup menarik minat baca siswa.

“Siswa cukup menggesekkan kartu untuk meminjam buku. Nanti akan terlihat di komputer data siswa, buku yang sudah dipinjam dan yang akan dipinjam,” kata Kris Aji AW, guru sekaligus pengelola ‘Kebun Buku Library’ SMA NU 1 Gresik.

Selain memudahkan siswa untuk mencari buku, ruang ‘Kebun Buku Library’ juga ditata dengan rapi dan terlihat sejuk karena dilengkapi dengan pendingin ruang, sehingga anak-anak merasa betah berlama-lama di perpustakaan.