Rektor UISI Tekankan Pentingnya Riset Berbasis Korporasi

0
20 views
Pengukuhan mahasiswa baru UISI di Gedung Wisma A. Yani, Gresik, Rabu (6/9/2017). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Rektor Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Prof. Herman Sasongko menekankan kepada para mahasiswanya agar mengedepankan pembelajaran yang langsung diterapkan, sehingga menjadi SDM berkualitas.

Penekanan itu disampaikan Prof. Herman saat menghadiri pengukuhan mahasiswa baru UISI di Wisma A. Yani, Gresik, Rabu (6/9/2017). Tak hanya itu, ia juga menekankan pentingnya iklim penelitian atau riset di universitas berbasis korporasi.

Untuk itu, setiap mahasiswa UISI wajib mengambil mata kuliah wawasan bisnis dan teknologi persemenan yang diajar oleh dosen praktisi yang sesuai bidangnya.

Keberadaan UISI turut mendukung program CSR Semen Indonesia, yaitu dibidang SI Pintar. Salah satu tujuan dari CSR Semen Indonesia adalah sharing knowledge yang diaplikasikan pada pembelajaran di UISI.

Dengan begitu, maka mahasiswa UISI dapat langsung belajar best practices dari para praktisi di Semen Indonesia.

“Di UISI, kami menerapkan Laboratory Based Education (LBE) sesungguhnya. Para mahasiswa punya kesempatan melakukan penelitian dan magang kerja di semua perusahaan di lingkungan Semen Indonesia Group sebagai live laboratory,” kata Herman.

Menurut Prof Herman, mahasiswa UISI nantinya bisa melakukan penelitian maupun magang kerja di perusahaan. Tak hanya itu, untuk mendukung iklim penelitian yang membumi, setiap dosen UISI didorong mengikuti program magang dosen di korporasi untuk memperkaya bahan pengajaran dan penelitian mereka.

Guna mendukung fokus penelitian, UISI telah membentuk empat pusat riset, yakni Bisnis dan Teknologi Persemenan, Energi Terbarukan, Halal Supply Chain, dan Industri Kreatif.

“Sebagai universitas baru, UISI aktif menjalin kerjasama riset dengan beberapa PTN, ngangsu kawruh”, kata Ahmad Rusdiansyah, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama UISI. (wan)