Noval Terancam Tak Bisa Ikut Kompetisi Internasional, Siapa Peduli?

0
348 views
Tangguh Achmad Fairuzzabady (kiri) dan Noval Ilham Arfiansyah (tengah), siswa MI NU Trate, Gresik. (Foto: Kompas)
Tangguh Achmad Fairuzzabady (kiri) dan Noval Ilham Arfiansyah (tengah), siswa MI NU Trate, Gresik. (Foto: Kompas)

BeritaGresik.com – Siswa berprestasi, Noval Ilham Arfiansyah, terancam tidak bisa ikut ajang Olimpiade Matematika di Singapura. Penyebabnya, siswa kelas VI MI NU Trate Putra Gresik ini tidak punya biaya untuk berangkat ke Singapura.

Persoalan dana yang dialami keluarga Ilham ini diakui Divisi Pendidikan Yayasan Perguruan Pendidikan NU Trate Gresik, Hasyim Abbas. Menurut dia, orang tua Noval tidak memiliki cukup biaya selama berada di Singapura.

“Orang tuanya mengaku tidak memiliki cukup biaya untuk keberangkatan dan akomodasi anaknya, selama mengikuti Olimpiade Matematika di Singapura,” kata Hasyim di Gresik seperti dikutip kompas.com, Rabu (4/5/2016).

Kondisi kesulitan dana untuk membiayai Noval juga dialami pihak sekolah. Kepala Sekolah MI NU Trate Putra Gresik, Huda Arifin mengakui jika sekolah yang dipimpinnya juga tidak punya cukup dana untuk biaya keberangkatan Noval.

“Dana yang dibutuhkan itu mencapai sekitar Rp 15 juta, sementara pihak sekolah tidak mempunyai dana sebesar itu. Kalau nanti tidak ada pihak dari luar sekolah yang bersedia membiayai, terpaksa Noval tidak ikut,” ucap Huda.

Seperti diketahui, Noval dan rekannya Tangguh Achmad Fairuzzabady telah meraih piala perak dan perunggu dalam Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se-Indonesia (KMNR) ke-11 tingkat SD/MI yang di Bogor sepekan yang lalu.

Prestasi gemilang yang ditorehkan kedua siswa kelas VI MI NU Terate Gresik itu mengantarkannya ke kompetisi tingkat internasional. Keduanya meraih tiket untuk mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Matematika di Singapura. (abr)