10 Ribu Kentongan Tandai Pencanangan Gardapatas

0
281 views
10 ribu orang yang terdiri atas anak dari PAUD, siswa-siswi TK beserta orangtuanya membunyikan kentongan di Pantai Delegan Panceng Kabupaten Gresik. (Foto: gresikkab.go.id)
10 ribu anak-anak beserta orangtuanya membunyikan kentongan di Pantai Delegan Panceng, Gresik. (Foto: gresikkab.go.id)

BeritaGresik.com – Sekitar 10 ribu orang yang terdiri atas anak dari PAUD, siswa-siswi TK beserta orangtuanya serentak membunyikan kentongan di Pantai Delegan Panceng Kabupaten Gresik.

Bunyi kentongan dari bambu tersebut menandai dimulainya program Gerakan Daerah Parenting Anak Berkualitas (Gardapatas), yang digagas Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi).

“Tentu saja tak hanya anaknya yang berjumlah 4 ribu anak. Kehadiran anak-anak diikuti orang tuanya berjumlah 4 ribu orang,” ujar Ketua Himpaudi Gresik Dewi Azmin kepada Kabag Humas Suyono, Rabu (4/5) di kantor humas.

Menurut dia, Gardapatas adalah gerakan nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. “Di Gresik kami laksanakan kegiatan ini bertepatan dengan pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional dalam satu rangkaian,” ucap Dewi.

Dikesempatan itu, Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim mengajak kepada orang tua yang hadir mendampingi anaknya untuk selalu memperhatikan anaknya sejak masih kecil.

“Pendidikan anak oleh orang tua di rumah sangat penting untuk mendasari pendidikan selanjutnya. Aksi ini adalah hal yang umum dan biasa kita laksanakan sehari hari,” kata Qosim.

Setidaknya ada lima gerakan yang akan digalakkan Himpaudi kepada para orang tua anak, yaitu agar orang tua mendidik anaknya untuk melaksanakan  5S yaitu, Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun.(as)