Soal UN SMA Mulai Didistribusikan ke Pulau Bawean

0
372 views

SIDOARJO, BeritaGresik.com – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mulai mendistribusikan soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA. Pendistribusian yang diberangkatkan dari percetakan di PT Jasuindo Tiga Perkasa Desa Betro, Sedati, Sidoarjo, ini dikirim ke Pulau Bawean Gresik dan Pulau Kangen Sumenep.

Pendistribusian 390 ribu soal yang dilakukan pada Kamis (2/4) itu merupakan hari pertama. Sebab, jarak pendistribusian di dua pulau tersebut jauh dari perkotaan.

“Pendistribusian ini dikawal polisi dan akan tiba di mapolsek setempat. Setelah itu disortir dan akan dikirim ke sekolah. Sehingga soal UN ini tetap aman dan terjaga,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman kepada wartawan, Kamis (2/4).

Dia menambahkan, soal UN yang dikirim ke Gresik dan Sumenep menggunakan mobil box.
“Rincian soal UN yang dikirim ke Gresik sebanyak 108 ribu lembar, 712 halaman dan 17 box. Sedangkan yang dikirim ke Sumenep 282 ribu lembar, 880 halaman dan 73 box,” tambahnya.

Sementara menurut Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Harun mengaku hari Kamis (2/4) hanya mengirim soal UN di Gresik dan Sumenep saja. Selanjutnya akan dikirim serentak pada 8-9 April 2015.

“Rencananya soal UN nantinya serentak akan dikirim ke seluruh Jatim serentak tanggal 8-9 April 2014,” jelasnya. [SLR]