Tekad LBS Antarkan Pelajar Bawean ke Bangku Kuliah

0
733 views
(Foto: lenterabawean.com)
(Foto: lenterabawean.com)

BeritaGresik.com – Sulitnya bisa memperoleh pendidikan layak hingga ke bangku kuliah masih sangat dirasakan sebagian besar warga di negara ini, utamanya bagi mereka yang tinggal daerah kepulauan terpencil seperti di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Keterbatasan ekonomi merupakan salah satu faktor utama anak-anak kepulauan tak mampu menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Tak sedikit di antara mereka yang terpaksa harus melupakan cita-citanya lantaran terbentur mahalnya biaya pendidikan dan masalah ekonomi yang mendera keluarganya.

Kondisi di atas yang membuat para pengajar muda Indonesia yang pernah bertugas di Pulau Bawean merasa tergugah. Hingga mereka bertekad untuk mengantarkan putra dan putri Bawean berprestasi dan punya semangat tinggi untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

Para Pengajar Muda Indonesia Mengajar VIII Bawean ini menginisiasi pembentukan sebuah perkumpulan yang diberi nama Lentera Bawean Scholarship (LBS). Berbekal bantuan dari para relawan, sebutan bagi para donatur, LBS berhasil mengantarkan sedikitnya lima putra dan putri Bawean ke bangku kuliah.

Para telawan Lentera Bawean. (Foto: lenterabawean.com)
Para relawan Lentera Bawean. (Foto: lenterabawean.com)

Dikutip dari situs lenterabawean.com Rabu (3/2/2016), Lentera Bawean Scholarship (LBS) atau program beasiswa Lentera Bawean sudah dimulai sejak 2014 lalu. Melalui inisisiatif Pengajar Muda VIII Indonesia Mengajar dengan bantuan para relawan, berhasil mengantarkan pelajar asal Pulau Bawean, Nanik Ijawati.

Kemudian, LBS Batch 2 berhasil memfasilitasi dan mengirimkan sebanyak 5 orang anak muda potensial dari Pulau Bawean yang memiliki kebulatan tekad untuk berkuliah. Mereka saat ini tengah menempuh semester pertama di sejumlah perguruan tingginya masing-masing.

Upaya Lentera Bawean mengantarkan anak-anak muda Bawean ke bangku kuliah patut diacungi jempol dan mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat Bawean. Apalagi mereka bukan berasal dari Bawean, melainkan dari berbagai daerah di belahan nusantara ini.

“Setahun menjalani hidup menjadi Pengajar Muda Indonesia Mengajar di sana, banyak kisah yang memberi kami ilham bahwa salah satu aspek penting yang bisa diinterverensi untuk memajukan Bawean adalah melalui pendidikan tinggi,” demikian bunyi salah satu pernyataan dikutip dari lenterabawean.com.

Saat ini Lentera Bawean berkantor di Komplek Perkantoran Grand Supomo Kav G. Lantai 4 Jl. Supomo No. 73 Tebet 12810 Jakarta Selatan. Mereka berharap uluran tangan dari siapa pun yang peduli dengan pendidikan anak Bawean. Bagi mereka yang ingin membantu bisa menghubungi nomor HP: 0852-2786-2416 (Teguh). (AS)