Naskan UN SD/MI Untuk Bawean Dikirim Lebih Awal

0
249 views
Naskah UN SD/MI yang akan dikirim ke Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)
Naskah UN SD/MI yang akan dikirim ke Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Sebanyak 37 box berisi naskah ujian nasional (UN) untuk tingkat SD sederajat di Pulau Bawean akan dikirim lebih awal oleh Dispendik Gresik. Hal itu untuk mengantisipasi cuaca buruk dalam sepekan ke depan.

Naskah soal UN untuk SD/MI tersebut dikirim hari ini, Senin (2/5/2016) dari percetakan di Sidoarjo ke Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik. Rencananya besok pagi, Selasa (3/5/2016) akan dikirim ke Bawean dengan kapal laut.

Cuaca laut yang kadang tak menentu bisa berakibat tidak adanya kapal yang berani berlayar ke Bawean. Karena itu, Dispendik Gresik akan mengirim naskah soal UN lebih awal untuk tingkat SD/MI sederajat di kepulauan Bawean.

Sekitar 37 box berisi dokumen rahasia tersebut akan dikirim menggunakan kapal cepat dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

“Untuk penjagaan di gedung Dindik sendiri ada 5 personil, sedangkan pengawalan ke pulau Bawean nanti ada 3 personil yang ikut mengawal dokumen negara ini ke Bawean,” jelas Kasat Binmas Polres Gresik, AKP Junaidi, Senin (2/04/2016).

UN tingkat SD/MI sederajat di Bawean akan di selenggarakan di 113 lembaga SD dan MI yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sangkapura. Total peserta UN tingkat SD sederajat di Bawean mencapai 1.644 siswa.

“Ada 66 lembaga penyelenggara baik SD negeri dan swasta serta MI di Kecamatan Sangkapura, sedang di Kecamatan Tambak ada 47 lembaga penyelenggara,” terang Nur Iman Soleh Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dispendik Gresik.

Senada di ungkapkan Kepala Dispendik Gresik, Mahin, saat membuka segel dari mobil box berisi naskah UN. Menurut dia, prioritas pengiriman naskah UN ke pulau Bawean guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan, khususnya cuaca buruk.

“Naskah diangkut dengan kapal penumpang cepat (Expres Bahari) yang nantinya akan didistribusikan ke Pulau Bawean guna mengantisipasi cuaca buruk di laut. UN SD/MI diselenggarakan pada 16-18 Mei mendatang,” jelas Mahin.

Ia menambahkan, jumlah peserta UN tingkat SD sederajat akan diikuti 21.050 peserta. SD Negeri sebanyak 11.142 peserta dan SD Swasta 1.722 peserta. Sedangkan MI Negeri 70 peserta dan MI Swasta 8.105 peserta, serta SDLB Negeri 3 peserta dan Swasta 8 peserta. (wan)