AMP Extension page

240 Mahasiswa Unair Kuliah Kerja Nyata di Gresik

Para mahasiswa Unair Surabaya yang akan mengikuti program KKN di Kabupaten Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sebanyak 240 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Gresik. Mereka akan mengikuti program pengabdian masyarakat tersebut selama tiga pekan.

Sebelum diterjunkan ke lokasi pengabdian, para mahasiswa berkesempatan bertemu dengan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, di kantor Bupati Gresik, Selasa (02/01/2018). Di sana, mereka mendapat pembekalan dan motivasi dari Bupati.

Di kesempatan itu, Sambari mengapresiasi pelaksanaan KKN Unair di Kabupaten Gresik. Menurutnya, selain memberi dampak positif bagi masyarakat, kehadiran para peserta KKN di kabupaten Gresik juga memberikan manfaat bagi pemerintah daerah.

“Salah satunya yakni turut terlibat dalam proses pembangunan dan ikut serta dalam memberdayakan masyarakat desa,” kata Sambari.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Gresik tersebut juga berharap kepada para peserta KKN untuk menjaga nama baik almamater perguruan tinggi. Dirinya ingin pelaksanaan KKN yang diadakan di Gresik selama tiga pekan berjalan lancar.

“Kami berharap peserta KKN bisa mewujudkan aplikasi disiplin ilmunya pada kegiatan masyarakat melalui dua aspek program yang akan dijalankan. Anda sekalian juga harus pandai-pandai membawa diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan serta menjunjung tinggi budaya serta aturan yang berlaku di masyarakat,” ucapnya.

Kemudian, Sambari meminta kepada para camat di lokasi KKN, agar dapat menjadi partner dalam menyukseskan program dan kegiatan para peserta KKN, dengan tidak meninggalkan kerjasama dan koordinasi demi kelancaran pengabdian masyarakat.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Inovasi Universitas Airlangga, Prof. Herry Purnobasuki kepada Kabag Humas dan Protokol Suyono menyatakan, bahwa para mahasiswa peserta KKN tematik telah siap untuk mengabdikan diri di desa.

Disana, lanjut Prof. Herry, para mahasiswa peserta KKN akan mengimplementasikan berbagai pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah. Mereka akan menerapkannya di masyarakat pedesaan.

“Pelaksanaan KKN mulai tanggal 2 Januari hingga 27 Januari 2018. Para mahasiswa akan membina ditempat pengabdiannya. Yakni di kecamatan Wringinanom, kecamatan Menganti dan kecamatan Benjeng,” terang Prof. Herry Purnobasuki.

Ia menambahkan, pelaksanaan KKN tematik periode 57 di Kabupaten Gresik kali ini diikuti oleh semua fakultas dan bersifat berkelanjutan.

“Artinya, program KKN kali ini meneruskan program KKN yang pernah dilakukan oleh angkatan sebelumnya dengan memfokuskan pada dua aspek, yakni kesehatan ibu dan anak serta pemberdayaan terhadap masyarakat,” imbuhnya. (as)

No Response