Gasak Kotak Amal, 3 ABG Babak Belur Dimassa

0
1,957 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Berdalih tak punya uang untuk membeli bensin saat di jalan, tiga anak baru gede (ABG) hendak menggasak kotak amal Mushola Baitul Rokhim Palembon, Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Minggu (30/10/2016).

Sial, aksi nekad ketiga ABG itu diketahui warga sekitar, Senin Sutikno (60), yang hendak memperbaiki speaker mushola yang rasak, yakni sekitar pukul 21.00 Wib. Akibat ulahnya itu, tiga ABG babak belur dihajar warga yang tersulut emosi.

Ketiga ABG itu diantaranya, MDGJ (13) warga Kelurahan Sukomulyo, Kecamatan Lamongan, MFAA (15) warga Perumnas Made Karya Kabupaten Lamongan dan WI (14) warga Sangeng, Kecamatan Sukodadi, Lamongan.

Kanit Reskrim Polsek Duduksampeyan Iptu Supandi menuturkan, ketiga ABG sempat menjadi bulan-bulanan warga saat aksinya tepergok Senin Sutikno (60), warga setempat yang ke mushola untuk memperbaiki speaker yang rusak.

Ketika tiba di mushola, Sutikno melihat sepeda motor terparkir tanpa diketahui siapa pemiliknya. Sutikno pun masuk ke mushola dan langsung menyalakan lampu yang terdapat dalam ruangan.

Saat lampu dinyalakan, Sutikno melihat ada tiga anak muda bersembunyi di balik papan pembatas. Ketika didekati, ketiganya berpura-pura sedang tidur. Saat ditanya, mereka mengaku istirahat karena tengah kehabisan bensin di jalan.

Sutikno menaruh curiga terhadap ketiga anak iti ketika melihat kotak amal dalam kondisi rusak akibat dicongkel. Setelah itu, ia bwrupaya mengejar pelaku yang melarikan diri debgan berbonceng tiga.

Warga berhasil mengamankan tersangka di Desa Tumapel. Ketiga ABG itu lalu dibawa ke Desa Palembon. Sementara warga yang sudah kadung tersulut emosi menghajar ketiganya hingga babak belur.

Atas perbuatannya, pelaku bisa dijerat pasal 53 tentang percobaan pencurian melakukan tindakan pidana joncto pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (wan)