Ratusan Buruh Ngluruk Kantor Kejari Gresik

0
505 views
Ratusan buruh datangi Kantor Kejari Gresik. (Foto: BG/Wan)
Ratusan buruh datangi Kantor Kejari Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Ratusan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia-Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (SPBI-KASBI) Gresik, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Gresik, berunjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari).

Ratusan buruh itu memprotes putusan Mahkamah Agung (MA) yang memutuskan terdakwa Abdul Hakam dan Agus Budiono harus menjalani hukuman penjara, Kamis (31/3/2016).

Seperti diketahui, hari ini Agus dan Abul Hakam menjalani hukuman atas putusan hakim sesuai pasal yang diajukan JPU Kejari Gresik. Keduanya dikenakan pasal sangkaan melakukan perbuatan tidak menyenangkan.

Pasal yang dipakai yaitu Pasal 335 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) ayat 1 atas perbuatan tidak menyenangkan. Padahal, pasal tersebut sudah dihapus Mahkamah Konstitusi.

“Jaksa apa ini, memakai pasal yang sudah dihapus,” kata Faisol, salah satu anggota SPBI Kasbi Kabupaten Gresik. Perwakilan massa akhirnya ditemui Tim Kejari Gresik untuk mediasi.

Kasus ini berawal pada 2013 dimana sebuah perusahaan outsourcing di PT Petrokimia Gresik melaporkan ke Polres Gresik atas aksi unjuk rasa menyampaikan pendapat dimuka umum.

Dalam kasus tersebut kedua terdakwa yaitu Agus Budiono dan Abduk Hakam dilaporkan atas perbuatan tidak menyenangkan. (wan)