Waspadai Akun Facebook Kloning Kapolres Gresik

0
950 views
Akun Facebook palsu yang meg-kloning Facebook Kapolres Gresik. (Foto: BG)
Akun Facebook palsu yang meg-kloning akun Facebook Kapolres Gresik. (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Aparat kepolisian di Gresik mewaspadai keberadaan akun Facebook kloning mengatas namakan Kepala Polres Gresik AKBP Adex Yudiswan. Polisi mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan akun palsu itu.

Tindakan pelaku kloning ini tergolong nekat, sebab akun facebook yang ia kloning adalah milik orang nomor satu di kepolisian Gresik. Dari informasi yang tercantum, hampir tidak yang berbeda dari akun facebook Kapolres Gresik yang asli.

“Mulai nama hingga foto profil, memang sama dengan akun milik Bapak yang asli. Bila disearching di Facebook, keluar dua akun Facebook atas nama Adex Yudiswan,” kata Bripda Linda Eka Lestari, anggota Polres Gresik, akhir pekan lalu.

Tidak ada aktivitas apapun pada akun facebook kloning tersebut. Hingga 29 Agustus yang lalu, si pembuat akun facebook palsu itu hanya beberapa kali mengganti foto profilny. Gambar yang dipasang adalah foto Adex Yudiswan.

Meski belum ditemukan tindakan yang merugikan, Kapolres Gresik terus mengamati keberadaan serta aktivitas akun facebook yang telah mencatut namanya itu. Ia mengaku ingin tahu motiv pelaku melakukan tindakan itu.

“Sampai akun tersebut belum merugikan saya, maka saya hanya sebatas akan memantaunya, sebab saya sendiri dikit–dikit juga tahu IT. Tapi kalau nanti terbukti disalahgunakan, pasti akan saya tindak,” tegas AKBP Adex.

Jika akun palsu itu sudah merugikan, maka pemiliknya dapat dijerat dengan pasal pencemaran nama baik. Sampai saat ini akun palsu milik AKBP Adex tersebut juga masih eksis di dunia maya.

Untuk itu, AKBP Adex mengimbau kepada masyarakat agar tidak menghiraukan akun tersebut jika mulai melakukan tindakan yang aneh-aneh seperti meminta-minta. (lest/as)