KPK Mengaku Siap Hadapi Gelombang Praperadilan

0
250 views

JAKARTA, BeritaGresik.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku siap menghadapi gelombang praperadilan pascaputusan Mahkamah Konsitusi (MK) yang memasukkan penetapan tersangka sebagai objek praperadilan.

“Kalau itu menjadi keputusan, kami mau tidak mau harus siap. Sejak awal kami siap menghadapi praperadilan,” kata pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Johan Budi melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu (29/4).

Sebelumnya pada Selasa (28/4), MK mengabulkan sebagian permohonan yang diajukan terpidana kasus bio remediasi Chevron Bachtiar Abdul Fatah terhadap Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHAP) sehingga mengubah ketentuan Pasal 77 KUHAP tentang obyek praperadilan.

Mahkamah menambah penetapan tersangka, penggeledahan, dan penyitaan termasuk sebagai obyek praperadilan. “Sebelum ada putusan itu kan sudah ada praperadilan. Kami sejak awal percaya hakim praperadilan akan memutus secara independen dan melihat kasus per kasus. Artinya kami siap menghadapinya,” ungkap Johan.

Namun Johan mengakui bila banyak tersangka yang mengajukan praperadilan maka akan mempengaruhi kinerja KPK. “Kalau banyak yang praperadilan lagi ya pengaruhlah,” ungkapnya. [ANT/AS]