Polres Gresik Tangkap Dua Spesialis Pembobol Rumah

0
760 views
Foto: BG/Wan
Foto: BG/Wan

BeritaGresik.com – Satuan Reskrim Polres Gresik, terus memburu dua otak pelaku spesialis pembobol rumah di Desa Mojopurogede, Kecamatan Bungah, Gresik. Pelaku meninggalkan mobil rental Suzuki Ertiga bernopol aspal N 441 VJ.

Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo mengatakan, anggotanya telah berhasil menangkap dua pelaku kasus curat spesialis pembobol rumah antar kota.

“Dua pelaku yang kami bekuk masing-masing M.Sodiq (38) warga Desa Praban, Kecamatan Sidokare dan Budi Purnama (41) warga Kampung Baru dan keduanya merupakan berasal dari Sidoarjo,” kata AKBP Ady, Senin (28/12/2015).

Foto: BG/Wan
Foto: BG/Wan

Lebih lanjut AKBP Ady menjelaskan, dari hasil pemeriksaan diketahui kedua pelaku merupakan spesialis pembobol rumah yang berpindah-pindah tempat. Bahkan, komplotannya kerap kali melakukan aksi serupa di Banjarmasin, Samarinda dan di Mojokerto.

“Dari pengembangan penyidikan, ada dua pelaku yang masih buron yang juga menjadi otaknya, yakni Syaifudin dan Yudi yang sudah diketahui identitasnya,” tuturnya.

Sedangkan modus yang dilakukan komplotan ini mengincar rumah kosong yang ditinggal pemiliknya. Sebelum melakukan aksi, komplotan ini membagi tugas, ada yang mengawasi di dalam mobil. Pelaku lainnya, sebagai eksekutor masuk ke dalam rumah dengan cara merusak pintu dengan memakai linggis.

Sementara itu, salah satu pelaku M. Sodiq menuturkan, hasil dari membobol rumah digunakan untuk berfoya-foya dengan temannya. “Saya pakai berfoya-foya, tapi saat melakukan di Gresik kami belum sempat mencuri karena sudah kepergok dulu,” ucapnya.

Selain mengamankan dua pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang dipakai untuk melakukan aksi pembobolan. Barang bukti itu di antaranya, dua buah linggis, satu tas warna hitam, satu buah plat nomor aspal nopol N 441 VJ, serta mobil Suzuki Ertiga nopol W 977 RD.

Atas perbuatannya itu, kedua pelaku diancam pasal 363 KHUP dengan ancaman lima tahun kurungan penjara.(wan)