Kerugian Terbakarnya Kapal di Gresik Capai Rp 8,49 Miliar

0
708 views

BeritaGresik.com – Kerugian kebakaran kapal layar motor (KLM) Dwi Fortuna di Pelabuhan Gresik ditaksir mencapai Rp8,49 miliar. Besaran kerugian itu dihitung dari kerusakan yang terjadi pada semua bagian kapal.

Kapten Kapal Jamaluddin mengatakan, besaran kerugian terdiri dari harga KLM Dwi Fortuna yang mencapai Rp6 miliar, ditambah isi kapal yakni pupuk dolomit senilai Rp2,49 miliar.

“Kapal mengangkut pupuk dolomit milik warga Surabaya dengan kapasitas 415 ton dan hendak dikirim ke Kumai Kalimantan Selatan,” kata Jamaluddin di Gresik, Rabu (25/8).

Terkait satu anak buah kapal (ABK) atas nama Ali Maksum, yang hingga kini belum ditemukan, Kasatpolair Polres Gresik, AKP Dwi Aries, mengaku masih terus mencari di antara serpihan kapal yang hangus terbakar.

Menurut dia, saat ini tim gabungan yang terdiri atas Satpolair Polres Gresik dan Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik telah diterjunkan mencari korban dengan menyisir seluruh bagian kapal.

Sebelumnya, kebakaran kapal terjadi pada Selasa pukul 04.00 WIB berawal dari munculnya asap di kamar mesin kapal. Saat api disemprot tabung pemadam, api tidak padam malah bertambah besar dan mengenai bagian atap kamar mesin kapal.

Api berhasil dikuasai dan dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Gresik, PT Wilmar Nabati dan Semen Indonesia, serta satu unit PMK Pemkab Gresik bersama-sama memadamkan api.

Akibat peristiwa ini, tujuh dari sembilan ABK yang selamat menjalani pemeriksaan di Polres Gresik, sisanya satu ABK bernama Junaidi terkena luka bakar dan harus dirawat di RS Muhammadiyah Gresik. [ant/zr]