Apes, Usai Beraksi Pencuri Helm Diringkus Polisi

0
1,033 views

BeritaGresik.Apes, M Sa’ir (31) warga kelurahan Ngargosari kecamatan Kebomas Gresik, asal Bangkalan Madura diamankan Polisi setelah kepergok mencuri helm di Jalan Usman Sadar Gresik. Pelaku terpaksa harus berurusan dengan hukum dan kini harus merasakan dinginnya sel tahanan Mapolres Gresik untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku ditangkap warga ketika motor yang dikendarai dengan nopol W 6274 GU mogok seketika, Senin 27/07/2015.

Kasus ini bermula saat pelaku dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat warna hitam melintas di Jalan Usman Sadar. Saat melintas di depan sebuah bank Syariah kawasan tersebut pelaku melihat helm merk INK warna orange berada di atas sepeda motor milik salah satu nasabah.

Pelaku langsung menyambar helm seharga sekitar Rp 300 ribu tersebut, namun aksinya berhasil diketahui Bripka Hery Mangun. Anggota Reskrim Polres Gresik itu kemudian mengejar dan berhasil menangkapnya tak jauh dari lokasi kejadian. Dalam pengejaran tersebut polisi dibantu dua pemuda, Ilza Widodo (17) dan Riski Ari Romadhon (16) warga Jalan RA Kartini gang 16 dimana pencuri tersebut ditangkap.

“Kebetulan saya mau ke warnet, dan ditanyai oleh mas Heri ( anggota reskrim), karena saya tahu lantas saya ikut ngejar. Ternyata pencuri masuk ke kampung saya, spontan saya teriaki maling dan di hadang oleh warga,” kata Ilza.

Oleh warga, pelaku langsung diserahkan kepada Polisi yang saat itu ikut mengejar pelaku. Selang beberapa menit Bripka Hari dibantu rekannya Iptu Bambang S mengkeler pelaku ke Mapolres Gresik. “Tadinya sempat saya tegur, pelaku malah kabur. Dengan kecurigaan itu lantas kita kejar, bahkan sempat saya tendang,” kata Bripka Heri.

Polisi menduga tersangka telah sering melakukan aksi pencurian helm di beberapa lokasi di wilayah Gresik Kota. Pelaku akan dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman kurungan penjara selama sekitar 5 tahun. Polisi juga berhasil membawa barang bukti sebuah sepeda motor Honda Beat beserta hrlm curiannya. “Kasus ini masih kita dalami dan sementara masih proses,” kata Kanit Pidum Reskrim Polres Gresik, Ipda Agung Joko.(wan)