Nenek Asal Cerme Gresik Ini Ditahan Gara-gara Tak Bisa Bayar Utang Rp 1 Juta

0
40 views
Siti Khomsah saat menjalani persidangan di PN Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Siti Khomsah, warga Desa Kedang Kulut, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, harus menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Gresik, Selasa (26/9/2017). Ia menjadi terdakwa dan ditahan hanya gara-gara tak bisa membayar utang sebesar Rp 1 juta.

Dalam sidang lanjutan pembacaan pledeo atau pembelaan di PN Gresik, pengacara terdakwa Sholton meminta majlis hakim membatalkan semua dakwaan terhadap kliennya, karena masalah hutang piutang itu diatur dalam undang undang pidana.

Pada pembacaan pledoi atau sanggahan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum itu pula, kuasa hukum terdakwa dengan tegas mengungkapkan bahwa masalah yang menimpa Khomsah mestinya di tangani dengan pendekatan hukum perdata.

Sebab, kata Sholton, pangkal masalah itu hanya gara-gara hutang piutang Rp 1 juta, dan terdakwa harus membayar Rp 1,5 juta karena ditambah bunga hutang. Apalagi, antara pemberi hutang dan terdakwa tidak ada perjanjian memberikan jaminan.

Karena itu, menurut Sholton, terdakwa nenek Khomsah sepantasnya terbebas dari semua dakwaan yang menjeratnya, yakni pasal 379 KUHP terkait tindak penipuan.

Smentara itu, Ketua Majelis Hakim Fitria Adi Maya sempat meminta tanggapan jaksa atas pledeo terdawa. Kemudian, jaksa minta waktu satu minggu kedepan.

Kasus yang menimpa Siti Khomsah menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati. Orang miskin yang harusnya dilindungi negara malah menjadi terdakwa dan ditahan hanya gara-gara tidak mampu membayar hutang Rp 1 juta. (amn)