Masyarakat Bawean Masih Enggan Gunakan Helm

0
440 views
Spanduk anjuran penggunaan helm di Pulau Bawean. (Foto: BG/Gfr)
Spanduk anjuran penggunaan helm di Pulau Bawean. (Foto: BG/Gfr)

BeritaGresik.com – Meski anjuran untuk menggunakan helm gencar dilakukan jajaran Polsek Sangkapura, masyarakat Bawean tanpaknya masih enggan mematuhi aturan dalam berkendara itu.

Beragam alasan dikemukakan oleh para pengendara mengapa jarang memakai helm.¬†Shalehan, warga asal Desa Gunungteguh mengaku nelum terbiasa menggunakan helm. “Ribet kalau pakai helm, maklum belum terbiasa,” ujarnya.

Kapolsek Sangkapura AKP Arif Rasyidi mengakui jika tidak mudah mengubah kebiasaan warga yang sudah terbiasa tidak memakai helem. Pihaknya akan memberlakukan penerapan peraturan penggunaan helm ini secara bertahap.

“Ini kan berkaitan dengan tabiat masyarakat. Jadi, kita terapkan secara bertahap, gak mungkin langsung kita benturkan dengan undang-undang,” kata AKP Rasyidi di Bawean, Senin (25/4/2016).

Tanggapan berbeda disampaikan guru SMAN Sangkapura, Mas’odi. Dia menilai, penggunaan helm sulit diterapkan jika hanya sekedar sosialisasi saja. Untuk itu, harus ada penerapan peraturan dan penindakan tegas bagi yang melanggar.

“Kalau sosialisasi saja gak akan digubris sama masyarakat, perlu tindakan juga. Paling tidak setiap pagi berjaga di titik-titik yang ramai dilalui oleh warga, jika ada yang tidak pakai helm langsung saja di tindak,” ucapnya.

Dengan adanya tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku, Mas’odi meyakini masyarakat akan mematuhi aturan penggunaan helm saat berkendara di jalan raya. “Saya yakin jika seperti itu yang diterapkan,” pungkasnya. (gfr)