Ciptakan Budaya Membaca Bagi Para Tahanan

0
442 views
Para tahanan Polres Gresik tengah membaca buku. (Foto: Istimewa)
Para tahanan Polres Gresik tengah asyik membaca buku. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Belajar dan terus mengembangkan pengetahuan tidaklah mengenal batasan ruang dan waktu, termasuk saat dalam tahanan. Hal itu terlihat dari aktivitas yang dilakukan tahanan Polres Gresik, Selasa (23/8/2016).

Puluhan tahanan yang terjerat berbagai kasus itu tanpak bersemangat membaca buku yang disediakan Polres Gresik. Upaya menciptakan budaya membaca bagi para tahanan itu dilakukan oleh Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan.

“Meskipun mereka di tahan, akan tetapi kami beri hak seseorang belajar dan mengembangkan pengetahuan. Disisi lain dengan membaca, waktu mereka di tahanan akan lebih berguna,” kata Adex saat menyiapkan buku untuk tahanan.

Setidaknya ada sekitar 156 buku dengan berbagai judul yang disediakan Kapolres Gresik untuk para tahanan. Antara lain buku yentang ekonomi, pendidikan, peningkatan minat dan bakat, serta buku tentang peningkatan keimanan diri.

Proses peminjaman buku ini juga tidak lantas melupakan penjagaan tahanan. Buku yang dipinjam tetap berada dalam ruang tahanan. Peminjaman buku akan diambilkan oleh petugas jaga tahanan. (as)