Gus Sholah Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Khuluq

0
1,651 views
KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah). (BG/Zr)
KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah). (BG/Zr)

BeritaGresik.com – Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) beserta mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi menjadi penjamin penangguhan penahanan Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Husnul Khuluq.

“Pihak keluarga sudah memohon dan sekarang kami berdua juga memohon serta siap menjadi penjamin Husnul Khuluq kalau Kejari Gresik khawatir dia akan kabur,” kata Gus Solah di Surabaya, Rabu (23/11/2016).

Gus Sholah dan KH Hasyim Muzadi mengaku bersedia menjadi penjamin lantaran kasus hukum yang menjerat Khusnul Huluq terkesan dipaksakan. Mereka bahkan menilai unsur kriminalisasinya sangat kuat.

“Apa yang dilanggar Husnul Khuluq juga tidak jelas. Apalagi PT Smelting sudah membayar uang retribusi sewa perairan laut ke Kasda, tapi dikembalikan sampai dua kali, lalu kemudian diperkarakan ke Polda Jatim,” ucapnya.

Seperti diketahui, mantan Ketua PCNU Kabupaten Gresik Husnul Khuluq menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi sewa laut antara PT Smelting dengan Pemkab Gresik pada 2006 silam.

Dalam kasus ini, Khuluq dan dua mantan petinggi PT Smelting menjadi tersangka. Saat ini bahkan ketiganya sudah ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. (zr)