Tahanan Kabur Saat Hendak Dibawa ke Rutan Gresik

0
1,073 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Seorang terdakwa kasus pencurian motor (curanmor), Ferydo Martin (29), warga Desa Gading Watu, Kecamatan Menganti, Gresik, kabur usai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, kejadian berawal saat terdakwa hendak dibawa ke rumah tahanan (Rutan) Gresik di Jalan Raya Cerme, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme.

Ketika melewati lorong dari ruang persidangan, tiba-tiba terdakwa dengan kencangnya lari keluar gedung dalam keadaan borgol terlepas satu tangan.

Sebenarnya ada puluhan terdakwa yang menjalani persidangan pada Rabu (22/6/2016). Mereka dibawa oleh petugas rutan dengan pengawalan dua anggota Polres Gresik dalam keadaan terborgol satu sama lain.

Dari tahanan PN Gresik menuju mobil tahanan yang melalui pintu belakang PN Gresik tembus Kantor Kejari Gresik.

“Saat akan dinaikan ke bus tahanan, terdakwa ini tiba-tiba bisa melepaskan borgol yang bergandengan dengan terdakwa lain dan langsung lari,” kata Adi Wibowo, Kasi Pidum Kejari Gresik, Kamis (23/6/2016).

Lebih lanjut Andi menjelaskan, petugas tahanan yang terdiri dari tiga orang dan dua anggota polisi tidak mampu mengejarnya. Sebab, terdakwa sudah ditunggu saudaranya di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Atas kejadian ini, Kejari Gresik langsung berkoordinasi dengan Polres Gresik untuk melakukan pengejaran. “Kami sudah koordinasi dengan kepolisian untuk menangkap terdakwa,” ujarnya.

Terdakwa yang melarikan diri adalah kakak tertua dari tiga bersaudara yang tersandung kasus curanmor spesialis motor baru. (wan)