Empat Tempat Rawan Terjadi Kekerasan Anak

0
640 views
Ilustrasi kekerasan anak (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi kekerasan anak (Foto: Shutterstock)

BeritaGResik.com – Kekerasan terhadap anak bisa terjadi di mana saja. Pelakunya bukan hanya orang lain, tapi juga orang terdekat. Namun, tahukan bahwa ada beberapa tempat paling krusial terjadinya kekerasan pada anak?

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Arist Merdeka Sirait mengatakan, ada empat lokasi pelaku kekerasan atau predator anak berada. Kekerasan yang mereka lakukan bisa berupa pemerkosaan, pembunuhan, pelecehan, penghinaan, dan lainnya.

Berikut ini empat lokasi predator anak menurut Arist Merdeka Sirait seperti dilansir Okezone, Kamis (22/10).

Rumah

Ayah, ibu, kakak kandung, pengasuh, atau saudara yang tinggal di rumah bisa melakukan kekesan terhadap anak. Kasus penelantaran, sodomi, pemukulan, dan kekerasan terhadap anak menunjukkan pelakunya tidak lain adalah orangtuanya sendiri.

Sekolah

Ternyata sekolah reguler atau non reguler, bahkan bertaraf internasional sekalipun tidak memberi perlindungan utuh bagi anak. Contohnya, kasus di JIS, pelaku (pedophil) menjamur di situ. Mereka melakukaannya pun di tempat yang sering di kunjungi anak. Seperti toilet, musala, atau kolam renang di sekolah.

Ruang publik

Stasiun, terminal, pasar, jalanan, dan ruang publik lainnya bukan tempat yang aman untuk anak. Beberapa waktu lalu, pemerkosaan anak dan pemukulan terjadi di rel kereta.

Panti asuhan

Area yang menjadi tempat penitipan dan sekaligus melindungi anak sekalipun, rupanya telah menjadi sarang pelaku kekerasan terhadap anak. Temuan KPAI menunjukkan pengurus atau pengasuh-pengasuh anak di panti asuhan melakukan kekerasan seksual pada anak. [zr/okezone]